UPAYA MEMBENTUK SIKAP PATUH PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS)DI SDI AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

SULIS YULIANI, 2833123016 (2016) UPAYA MEMBENTUK SIKAP PATUH PADA ANAK AUTIS MELALUI TERAPI ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS)DI SDI AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK Kata kunci: Autis,Sikap Patuh, Terapi ABA (Apllied Behavior Analysis) Skripsi dengan judul “Upaya Membentuk Sikap Patuh Pada Anak Autis Melalui Terapi ABA (Applied Behavior Analysis) di SDI Al-Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Sulis Yuliani, NIM. 2833123016, pembimbing Hj. Uswah Wardiana, M.Psi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan orangtua yang muncul ketika memiliki anak berkebutuhan khusus. Sehingga berdampak pada pendidikan yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus terkait. Yang mana telah kita ketahui bahwa setiap anak memiliki hak mendapatkan pendidikan yang sama tanpa memandang strata sosial maupun latarbelakang keluarga. Begitupun dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus juga memiliki hak mendapatkan pendidikan secara formal maupun nonformal. Sehingga dalam hal ini guru atau terapis perlu menerapkan penanganan khusus terhadap siswa-siswi berkebutuhan khusus autis dengan cara menanamkan karakter spiritual melalui terapi ABA (Applied Behavior Analysis) agar proses pembelajaran atau terapi bagi anak berkebutuhan khusus dapat berjalan secara optimal. Untuk itulah peneliti ingin mengkaji secara lengkap bagaimana upaya dari lembaga dalam memberikan penanganan kepada ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) autis yang memiliki sikap dan karakter berbeda serta cara menanganinya. Dalam hal ini, penanganan khusus terhadap mereka layak diberikan agar tercipta proses pembelajaran yang optimal dengan didasarkan nilai-nilai spiritual sebagai acuan pembelajaran atau terapi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus, karena pada dasarnya peneliti ingin mengkaji secara mendalam bagaimana penerapan terapi ABA (Applied Behavior Analysis) dan perkembangan kemampuan subjek mengikuti instruksi setelah mendapatkan terapi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipan, terbuka (Overt) dan alamiah, wawancara bebas terpimpin (semi-struktur interview), dan analisis dokumentasi. Penelitian inipun menggunakan analisa data secara simultan dan terus-menerus sesuai karakteristik penelitian kualitatif. Penerapan terapi ABA (Applied Behavior Analysis) yang diberikan meliputi program kesiapan belajar, imitasi motorik kasar, imitasi motorik halus, imitasi motorik mulut, bahasa reseptif, bahasa ekspresif, pre akademik, dan bantu diri. Program kesiapan belajar yang diterapkan meliputi respon subjek terhadap instruksi “lihat”, duduk mandiri, dan kontak mata. Berdasarkan hasil penelitian ini aplikasi dari terapi ABA (Applied Behavior Analysis) menunjukkan bahwa telah terjadi pembentukan karakter spiritual pada anak berkebutuhan khusus autis yang ditunjukkan dengan sikap patuh terhadap instruksi terapis dan perintah guru di kelas. Dari sikap patuh ini telah menunjukkan perubahan yang signifikan pada anak berkebutuhan khusus. Peningkatan ini dibuktikan dengan sikap subjek pada pertemuan pertama belum mampu merespon terapis bahkan subjek sering tantrum ketika bertatap muka dengan terapis maupun orang yang belum pernah ditemui.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 2833123016 SULIS YULIANI
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:22
Last Modified: 06 Feb 2017 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item