PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU UNO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI MAN 2 NGANJUK

NILA ZAKIYATUL MAGHFIROH, 12212193049 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU UNO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu UNO terhadap hasil belajar pada materi sistem periodik unsur di MAN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Nila Zakiyatul Maghfiroh, NIM. 12212193049, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Kartu Uno, Sistem Periodik Unsur Model pembelajaran konvensional merupakan metode pembelajaran yang sering digunakan dalam penyampaian materi namun metode ini kurang menarik yang mana dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi membosankan apalagi untuk materi yang tergolong kompleks dan dianggap kurang menarik oleh siswa yaitu kimia. Salah satu materi kimia yang sering dianggap sulit oleh siswa ialah sistem periodik unsur yang mana dalam materi ini banyak hafalan dalam hal ini penerapan model pembelajaran konvensional mengakibatkan siswa kurang aktif dan semangat selama pembelajaran berlangsung dan itu juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang bersifat konstruktivisme yakni pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan dan mengharuskan siswa membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu nya yaitu kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT) dengan model pembelajaran berkelompok dan bekerja sama model ini dapat melibatkan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam memahami dan menghafalkan suatu materi selain itu juga di dukung dengan game yang sangat membantu menggambarkan unsur-unsur dalam materi kimia yang dapat menjadikan siswa lebih bersemangat belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah: untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu UNO terhadap hasil belajar pada materi sistem periodik unsur di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan quasi eksperimental design dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Nganjuk, sedangkan sampelnya ialah kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan X-5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampelnya ialah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes berjumlah 16 item pertanyaan yang telah dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,832 dengan kategori sangat tinggi. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe TGT berbantuan kartu UNO materi sistem periodik unsur di MAN 2 Nganjuk. Berdasarkan hasil perhitungan uji t tes hasil belajar diperoleh t hitung ≥ t tabel 6.160 ≥ 1.666dengan nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193049 NILA ZAKIYATUL MAGHFIROH
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:50
Last Modified: 11 Jan 2024 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43150

Actions (login required)

View Item View Item