RIVKA ISTYQOMAH, 12205183247 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI KARANGGANDU WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasikan bahwa penelitian ini dilakukan karena ada suatu masalah yaitu: (1) pelajaran matematika lebih sering dianggap pelajaran yang sulit dalam memahami makna-makna, lambang maupun simbol, sehingga mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah dan belum maksimal (2) terdapat sebagian siswa masih kurang fokus dan kurang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung (3) masih menggunakan metode yang tidak efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah (1) apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Karanggandu? (2) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model discovery learning dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Karanggandu? Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini anak kelas IV di MI Karanggandu yang berjumlah 25 siswa pada kelas IV-A dan 25 siswa kelas IV-B. Teknik sampling yang digunakan teknik non probability sampling jenis sampling jenuh. Teknik analisis data dengan menggunakan uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran matematika di MI Karanggandu diperoleh kesimpulan berdasarkan uji gain score dapat dilihat bahwa pada kelas eksperimen memiliki nilai mean (rata-rata) adalah 52,74, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai mean (rata-rata) adalah 38,80 dengan perbedaan mean hasil belajar siswa sebesar 13,94 dengan taraf kepercayaan 95%. Untuk hasil uji Independet Sample T-Test menunjukkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,023 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran disvcovery learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV MI Karanggandu Kecamatan Watulimo. Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas IV MI Karanggandu lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tidak menggunakan model discovery learning. Dari perhitungan effect size dengan menggunakan rumus Eta square diperoleh 0,10 dan termasuk kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan dengan model discovery learning dapat berpengaruh juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan tergolong kategori rendah. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183247 RIVKA ISTYQOMAH |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 10:16 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 10:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43156 |
Actions (login required)
View Item |