IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif Gendingan Tulungagung)

ARIANI RAGIL SAPUTRI, 1755144006 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Multi Situs di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif Gendingan Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan dll.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN PERBAB.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul ”Implementasi Model Pembelajaran group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung)” ditulis oleh Ariani Ragil Saputri ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil belajar. Konteks penelitian dalam tesis ini adalah perkembangan Sains teknologi dewasa ini telah maju dengan pesat sehingga menuntut sumber daya manusia yang handal dan mampu berkompetisi secara global. Perkembangan Sains dan teknologi juga telah menggugah guru agar dapat merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah. Untuk menyesuaikan perkembangan tersebut, peningkatan sumber daya melalui jalur pendidikan merupakan syarat mutlak. Guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Sebab guru merupakan pengatur sekaligus pelaksana dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya. Model pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru agar siswa bisa menerima informasi atau pesan dengan baik, karena melalui model pembelajaran guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide. Model pembelajaran Group Investigation dirancang untuk memberikan kesempatan belajar yang adil kepada semua siswa dan memberikan kesempatan yang sama untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal di lapangan, fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah proses implementasi pembelajaran group investigation, dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? Tujuan penelitian ini untuk mendriskipsikan: (1) perencanaan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung, (2) pelaksanaan model pembelajaran Group investigation pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung, (3) evaluasi model pembelajaran Group investigation pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs dengan karakteristik sama (multi situs), maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) perencanaan yang dilakukan oleh guru kelas IV dengan model pembelajaran group investigaation di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol maupun MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung meliputi penyiapan seperangkat pembelajaran yaitu berupa RPP, materi pelajaran serta menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS), (2) Pelaksanaan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif gendingan Tulungagung terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan dikedua sekolah tersebut sudah sesuai langkah-langkah model group investigation, bahkan menggabungkannya dengan metode pembelajaran lainnya agar siswa mudah memahami materi, (3) Evaluasi model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung dan MI Al Ma’arif gendingan Tulungagung yaitu guru melakukan diskusi dengan teman sejawat, siswa mempresentasikan hasil diskusinya serta pemberian tes tulis pada siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I 1755144006 Ariani Ragil Saputri
Date Deposited: 22 Dec 2016 06:50
Last Modified: 22 Dec 2016 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item