MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI MI ISLAMIYAH PAJENG GONDANG BOJONEGORO

ULFA SRI SU'UDAH, 12207193008 (2024) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI MI ISLAMIYAH PAJENG GONDANG BOJONEGORO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro” tersebut ditulis oleh Ulfa Sri Su’udah, NIM. 12207193008, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen Tata Usaha, Mutu Layanan, Administrasi Manajemen tata usaha sekolah memiliki peran penting dalam pengelolaan suatu Madrasah untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya manajemen tata usaha maka dapat menunjang keberlangsungan proses perkembangan Madrasah. Dalam konteks tersebut segala hal yang berkaitan dengan administrasi yang diperlukan Madrasah maka dikelola oleh tata usaha. Jadi dapat dipajami bahwa tata usaha merupakan proses pemberian pelayanan kepada pelanggan pendidikan serta pihak yang berhubungan dengan Madrasah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi tersebut adalah (1), Bagaimana perencanan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro? (3) Bagaimana evaluasi manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutulayananadministrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro? (4) Apasaja hambatan-hambatan dari manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro? Adapun beberapa hal yang menjadi tujuan dalam penelitian tersebut adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro. (3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro. (4) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data sekunder dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian tersebut menggunakan teknik analisis data secara induktif dengan tiga tahapan, tahapan tersebut yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro telah dipersiapkan secara rinci, teliti dan terstruktur, melalui Kepala Madrasah melaksanakan rapat bersama dengan tenaga kependidikan dan tenaga pendidik dan Kepala madrasah secara bersama menyusun rencana kerja jangka menengah dan program-program pengembangan kompetensi staff serta pengembangan sarana prasarana. (2) pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro sudah dilaksanakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan pedoman pemberian layanan yang ada dimadrasah. (3) evaluasi tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro dilakukan setiap dua kali dalam satu semester, evaluasi tersebut membahas terkait dengan pemberian layanan administrasi seperti mengevaluasi kinerja staff, serta menyusun perbaikan atau program kerja untuk periode selanjutnya. (4) hambatan-hambatan tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MI Islamiyah Pajeng Gondang Bojonegoro adalah kendala yang sering dialami tata usaha dalam melaksanakan pemberian layanan administrasi yaitu terkait dengan data peserta didik yang masih belum valid. Kemudian solusi yang ditawarkan yaitu dengan mendisiplinkan siswa agar tepat waktu dalam pengumpulan data. Kemudian solusi untuk masalah pengawasan kinerja staff masih dapat diawasi dengan menggunakan buku kinerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193008 ULFA SRI SU'UDAH
Date Deposited: 13 Jan 2024 23:02
Last Modified: 13 Jan 2024 23:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43194

Actions (login required)

View Item View Item