PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022

YUWANA DWI ARISCHA, 12204173222 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir” ini ditulis oleh Yuwana Dwi Arischa, NIM. 12204173222, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Google Classroom, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masuknya pandemi covid-19 di Indonesia yang mengharuskan segala aktivitas, termasuk kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah atau secara daring. Dalam hal ini, penggunaan media Google Classroom pun dimanfaatkan untuk melaksanakan proses pembelajaran daring agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana. Google Classroom ini platform gratis, simpel, mudah digunakan, bisa dijangkau siapa saja yang menggunakan smartphone dan relatif aman. Sehingga dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring. Seperti halnya mata pelajaran matematika yang masih dianggap sulit karena konsep matematika yang bersifat abstrak yang berpengaruh pada kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom terhadap kemandirian belajar, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom terhadap pemahaman konsep matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan metode post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji MANOVA berbantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) ada pengaruh pembelajaran elearning berbasis Google Classroom terhadap kemandirian belajar materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, 2) ada pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom terhadap pemahaman konsep matematika materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05, 3) ada pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalidawir yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga keputusannya H0 ditolak H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Matematika
Pendidikan
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173222 YUWANA DWI ARISCHA
Date Deposited: 13 Jan 2024 23:41
Last Modified: 13 Jan 2024 23:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43204

Actions (login required)

View Item View Item