PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT

INERSY PUTRI MUTIARI, 12208183003 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Inersy Putri Mutiari, NIM. 12208183003, dosen pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran Blended Learning, Motivasi, Prestasi Belajar. Pembelajaran yang berpusat pada guru menurunkan motivasi siswa dalam belajar materi klasifikasi makhluk hidup. Selain itu prestasi belajar pada materi ersebut masih rendah yang dibuktikan dengan perolehan nilai ulangan harian dibawah kriteria ketuntasan minimum. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran Blended Learning digunakan dalam proses pembelajaran karena membantu siswa untuk menjadi individu yang aktif dalam mengembangkan kemampuannya, mengupayakan tingkatan pencapaian pemahaman pengetahuan ecara mandiri, meningkatkan akses dan fleksibilitas dalam pembelajaran serta mencapai pengalaman dan hasil pembelajaran yang lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Ngunut; 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Ngunut; dan 3) untuk mengetahui model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 374. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Sampel diperoleh melalui teknik probability sampling jenis cluster random ampling. Metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Metode es untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametrik dengan menggunakan uji Independent Sample Test dan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Ngunut yang dibuktikan dengan rata-rata posttest kelas VII A lebih tinggi daripada kelas VII B, yaitu 94,97 > 89,68; dan nilai nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. 2) ada pengaruh model Blended Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Ngunut dengan nilai rata-rata posttest kelas VII A lebih tinggi daripada kelas VII B, yaitu 77,89 > 69,61; dan nilai nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. 3) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dengan hasil uji MANOVA nilai Sig. pada bagan Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotteling’s Trace, serta Roy’s Largest Root adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183003 INERSY PUTRI MUTIARI
Date Deposited: 13 Jan 2024 23:45
Last Modified: 13 Jan 2024 23:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43213

Actions (login required)

View Item View Item