ANIS ROFI'ATUS SHOLIKAH, 12204193263 (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII D MTS AL – MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
Abstract
Anis Rofi‟atus Sholikah (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII MTs Al – Muslihuun Tlogo Kanigoro pada Materi Himpunan ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nadya Alvi Rahma,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis, kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa dalam proses belajar. kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam menguasai sejumlah materi matematika dimana siswa mampu mengklasifikasikan, menjelaskan, dan menyatkan kembali ke dalam kalimat yang lebih sederhana dan lebih luas tanpa meninggalkan makna yang sebenarnya agar lebih mudah untuk dipahami. Kemampuan pemahaman matematis dalam matematika digunakan ketika siswa memecahkan masalah kontekstual dengan melalui berbagai tahap untuk mendapatkan solusi atau jawaban dari soal yang diberikan. Selain memperhatikan kemampuan pemahaman matematis, siswa juga harus memperhatikan aspek psikologisya dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek psikologis tersebut adalah kemandirian belajar siswa. Kemandirian dalam diri siswa akan menuntut siswa untuk aktif baik saat pembelajaran berlangsung ataupun diluar pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa kategori tinggi, 2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa kategori sedang, dan 3) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa kategori rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 24 siswa. 6 siswa dipilih dari 24 siswa sebagai subjek, masing-masing 2 siswa yang dikategorikan berdasarkan kemandirian belajar tinggi,sedang, rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi 4 indikator pemahaman matematis, 2) siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang memenuhi 2 indikator pemahaman matematis, dan 3) siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah memenuhi 1 indikator pemahaman matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193263 ANIS ROFI'ATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:45 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43221 |
Actions (login required)
View Item |