ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDU (Studi Survei Pada Kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Tulungagung)

AFIFAH NURHAYATI, 12306193122 (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDU (Studi Survei Pada Kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual ”. Tugas Akhir Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dzinnun Hadi, S.Sos, I, M.Pd. Pentingnya peran dari konseling individual bagi perkembangan siswa menjadi hal yang mengharuskan pihak BK untuk lebih memperhatikan layanan yang telah diberikan. Dengan adanya proses evaluasi terhadap layanan konseling individual menjadi bahan kajian dalam perbaikan program bimbingan dan konseling di suatu sekolah. Salah satu cara untuk dapat mengevaluasi atau menilai layanan konseling individual yaitu dengan mengukur tingkat kepuasan siswa sebagai pengguna layanan ini. Kepuasan dapat diartikan suatu perasaan yang timbul dari seorang individu ketika mendapatkan pelayanan yang baik. Dalam memberikan layanan yang memuaskan dapat diberikan layanan konseling individu yang merupakan sebuah kegiatan konseling yang dilaksanakan oleh konseling guna dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh konseli. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap layanan konseling individual kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan analisis data hasil presentase rata-rata kepuasan siswa. Dengan populasi 118 dan dan sample penelitian menggunakan total sampling atau keseluruhan populasi dijadikan sampel. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala linkert sebagai pengukurannya. Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh bahwa kepuasan rata-rata siswa kelas XII SMK tentang kualitas layanan bimbingan karier yang diberikan guru BK berada dalam kriteria sangat tidak puas dengan persentase 7,14%. Dengan presentase setiap aspek nya yaitu aspek bukti fisik dengan presentase 21,89%, aspek kehandalan dengan presentase 21,03%, aspek ketepatan waktu dengan presentase 13,28%, aspek jaminan dengan presentase 13,45%, dan aspek empati dengan presentase 17,84%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hasil presentase dari rata-rata kepuasan siswa pada 7,14% yang mana kategorisasi tersebut berada pada sangat tidak puas. Sehingga dapat disimpulkan siswa masih tidak puas dengan layanan konseling individu yang diberikan oleh guru BK SMA Negeri 1 Tulungagung. Dimana indikator bukti fisisk mendapat persentase paling tinggi, sementara indikator empati mendapat indikator terendah. Disarankan kepada guru BK untuk bisa meningkatkan kualitas layanan bimbingan yang diberikan, terlebih untuk meningkatkan empati kepada siswa didiknya. Kata Kunci : Kepuasan Siswa, Layanan Konseling Individu

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193122 AFIFAH NURHAYATI
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:56
Last Modified: 17 Jan 2024 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43286

Actions (login required)

View Item View Item