ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH IPA KELAS VIII DITINJAU BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

NENI DWI ASTUTI, 12211193007 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH IPA KELAS VIII DITINJAU BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Neni Dwi Astuti, 12211193007, 2023, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah IPA Kelas VIII Ditinjau Berdasarkan Tahapan Polya di MTsN 1 Tulungagung” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Tahapan Polya Nilai hasil ulangan harian yang diperoleh dari siswa MTsN 1 tulungagung menunjukkan bahwa (1) siswa mengalami kesulitan terutama pada proses pemecahan masalah. Kesulitan belajar menjadi penting untuk mengetahui penyebab dan memeperoleh penyelesaian. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dikaji agar dapat mendapatkan solusi sehingga tercapai kompetensi dasar. (2) langkah-langkah memecahkan masalah yang dicetuskan oleh Polya, yang terdiri dari empat indikator yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan masalah, (3) melaksanakan rencana, serta (4) melihat kembali hasil jawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang banyak ditemui siswa dalam memahami dan menyelesaikan materi Usaha dan Pesawat Sederhana kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, (2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami dan menyelesaikan materi Usaha dan Pesawat Sederhana kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, serta (3) untuk mengetahui upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami dan menyelesaikan materi Usaha dan Pesawat Sederhana kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Miles and Huberman Design, dimana aktifitas analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga data terkumpul. Adapun subjek penelitian adalah enam siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan tiga kategori kemampuan pemecahan masalah (kategori tinggi, kategori sedang, dan kategori rendah). Data yang diperoleh merupakan data hasil tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa: (1) jenis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah meliputi: siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan semua soal IPA pada materi usaha dan pesawat sederhana dengan memenuhi semua indikator pemecahan masalah Polya, siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan 2 dari 4 soal IPA dan jawaban tersebut menenuhi semua indikator pemecahan masalah Polya, sedangkan siswa berkemampuan rendah mampu menyelesaikan 2 dari 4 soal IPA, namun salah satu dari kedua jawaban tersebut tidak memenuhi indikator pemecahan masalah Polya. (2) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar dalam memecahkan masalah ipa meliputi: faktor internal berupa intelegensi, kurangnya minat siswa pada mata pelajaran tertentu, dan rendahnya motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal berupa kurangnya motivasi orang tua. (3) upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar dalam memecahkan masalah IPA meliputi: (a) Bertanya kepada guru terkait materi atau penjelasan yang belum dipahami, (b) membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi bersama, (c) menonton video pembelajaran terkait materi usaha dan pesawat sederhana, (d) belajar dengan lebih giat, serta (e) berlatih mengerjakan soal-soal yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193007 NENI DWI ASTUTI
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:18
Last Modified: 17 Jan 2024 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43288

Actions (login required)

View Item View Item