ANALISIS PENERAPAN INOVASI PRODUK BSI SMART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETITIFITAS PRODUK PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto)

ROSITA PRISELIA RADITA, 12401193114 (2024) ANALISIS PENERAPAN INOVASI PRODUK BSI SMART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETITIFITAS PRODUK PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Inovasi Produk BSI Smart Untuk Meningkatkan Kompetitifitas Produk Perbankan (Studi Kasus Pada Bank Sariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto” yang ditulis oleh Rosita Priselia Radita, NIM 12401193114, Program Studi Perbankan Sariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing : Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya inovasi produk yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia sebagai bank syariah terbesar di Indonesia terus mendorong inklusi keuangan melalui aplikasi BSI Mobile dan peningkatan agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yakni BSI Smart ke seluruh Indonesia. BSI Smart adalah produk perbankan digital yang menawarkan berbagai fitur dan layanan modern kepada nasabah BSI. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan inovasi produk “BSI Smart” di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto? (2) Bagaimana uasaha Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto meningkatkan daya tarik produk “BSI Smart” untuk meningkatkan kualitas dan kompetitifitas? (3) Apa saja fitur dan keunggulan dari inovasi produk “BSI Smart” di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto untuk meningkatkan kompetitifitas? (4) Apa saja yang menjadi faktor pendukungdan penghambat dalam penerapan inovasi produk “BSI Smart” di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Mojosari Mojokerto? Jenis pendekatan menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya adalah data primer. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan datanya menggunakan triangulasi sumber dengan mewawancarai informan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agen BSI Smart telah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat, termasuk di Mojosari Mojokerto. Fitur-fitur dan keunggulan dari BSI Smart diantaranya (1) Layanan pembuatan rekening, (2) Layanan transfer, setor tunai, tarik tunai, (3) Layanan pembayaran, (4) Layanan Pembelian. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan inovasi produk BSI Smart antara lain: faktor pendukung (1) Perbankan memberikan pengalaman digital yang mudah digunakan, (2)Memudahkan nasabah yang ingin bertransaksi, sedangkan faktor penghambatnya (1) Edukasi dan promosi yang terkadang sulit untuk diterima, karena kurangnya kesiapan masyarakat menerima informasi terkait teknologi digital, (2)Jaringan sinyal yang sering hilang khususnya di daerah pelosok desa, KataKunci: Inovasi Produk, BSI Smart, Kompetitifitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193114 ROSITA PRISELIA RADITA
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:52
Last Modified: 17 Jan 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43307

Actions (login required)

View Item View Item