KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG

INDAH WAHYU NING TYAS, 12204193203 (2024) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Indah Wahyu Ning Tyas, NIM. 12204193203, Jurusan Tadris matematis, Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam matematika masih dikategorikan rendah. Minimnya keterlibatan siswa untuk berpartisipasi dalam aktivitas belajar, disebabkan pembelajarannya yang masih teacher centered menjadi alasan mengapa siswa kurang merespon terhadap pembelajaran matematika. Jika siswa dapat berpartisipasi dalam belajar, maka paling tidak perihal tersebut dapat mengubah pemikiran matematika yang terkesan menakutkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bangun datar kelas VII MTs Al Huda Bandung. (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal bangun datar kelas VII MTs Al Huda Bandung. (3) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal bangun datar kelas VII MTs Al Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa perempuan yang terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan data dengan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubeman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis sehingga mampu menyelesaikan soal bangun datar dengan baik dan benar. (2) Siswa dengan kemampuan sedang cukup mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis namun pada proses penyelesaiannya kurang teliti. (3) Siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dan pada proses penyelesaiannya masih perlu pembimbingan supaya dapat memahami materinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193203 INDAH WAHYU NING TYAS
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:44
Last Modified: 19 Jan 2024 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43316

Actions (login required)

View Item View Item