PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR

RISA APRILIA PRISTYANI, 12212193002 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (482kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI di MAN 2 Blitar” yang ditulis oleh Risa Aprilia Pristyani, NIM. 12212193002 dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Solving, Video Animasi, Kesetimbangan Kimia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kelas XI MIA MAN 2 Blitar menunjukkan belum tercapainya KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada materi kesetimbangan kimia. Model pembelajaran di MAN 2 Blitar membuat siswa menjadi kurang aktif, kebanyakan siswa pasif sehingga hasil belajar dari siswa tersebut rendah dan belum sesuai dengan KKM. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut membutuhkan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan begitu tujuan dari proses belajar mengajar akan tercapai dengan baik. Salah Model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut ialah model pembelajaran problem solving. Yaitu salah satu model pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIA di MAN 2 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, adapun jenisnya yaitu eksperimen dengan desain penelitian quasy eksperimental design. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan statistik meliputi; uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogen), dan uji hipotesis (independent sampel test) dengan bantuan Software SPSS 25.0. Hasil uji validitas butir soal tes kimia dapat diketahui bahwa rhitung > rtabel (0,3338), sehingga dapat dinyatakan item-item butir soal ialah valid. Adapun hasil nilai reliability statistic dengan cronbach’s alpha sebesar 0,726 yang menunjukkan bahwa variable tersebut > 0,60. Sehingga soal tes 10 tersebut realibel dan layak untuk digunakan sebagai alat ukur penelitian. Sedangkan hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem solving berbantuan video animasi pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIA di MAN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193002 RISA APRILIA PRISTYANI
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:12
Last Modified: 23 Jan 2024 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43381

Actions (login required)

View Item View Item