PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X MA AL-MANAR PRAMBON

FITRIA ANGGRAINI, 12208183067 (2024) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X MA AL-MANAR PRAMBON. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X MA Al-Manar Prambon” ini ditulis oleh Fitria Anggraini, NIM 12208183067, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Haslinda Yasti Agustin, S.Si. M.Pd. Kata kunci: Jurnal belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan ketika pembelajaran berlangsung. Meskipun sebagian mereka dapat menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, tetapi pada kenyataannya siswa kurang memahami secara mendalam pengetahuan yang mereka hafalkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya suatu pendekatan yang berpotensi untuk meningkatkan minat dan mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang menuntut keaktifan siswa adalah pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar, karena pendekatan ini menekankan kegiatan eksploratif yang memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Selain itu, pembuatan jurnal belajar akan memudahkan guru dalam pengelolaan kelas ketika kegiatan eksplorasi sehingga penerapan jurnal belajar dalam pendekatan JAS dapat memotivasi siswa lebih serius terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap aktivitas belajar pada materi Ekosistem siswa kelas X MA Al-Manar, (2) menganalisis pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar pada materi Ekosistem siswa kelas X MA Al-Manar, (3) menganalisis pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi Ekosistem siswa kelas X MA Al-Manar Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Quasy experiment menggunakan desain penelitian rancangan kelompok tak setara (Nonequivalend Control Group Design). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel terdiri dari dua kelas sampel yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan intrumen berupa soal pretest, soal posttest, dan lembar observasi. Intrumen tersebut telah melalui tahab uji validasi dan reliabilitas, dan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahab uji normalitas dan homogenitas sedangkan analisis akhir menggunakan uji T dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap aktivitas belajar pada materi Ekosistem, hal ini sesuai dengan nilai Uji T-test sebesar t=12,987 dan nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05; (2) Terdapat pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa sesuai dengan hasil Uji T-test sebesar t=5,400 dan nilai sig (2tailed) sebesar 0,000<0,05; (3) Terdapat pengaruh pendekatan JAS berbantuan jurnal belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji MANOVA pada taraf sig (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Biologi > Ekosistem
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Biologi > Lingkungan
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183067 FITRIA ANGGRAINI
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:57
Last Modified: 25 Jan 2024 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43416

Actions (login required)

View Item View Item