PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 1 BLITAR

ANNISA' EOSTRA LAMBANGSARI, 12204183209 (2024) PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (730kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Annisa’ Eostra Lambangsari, NIM 12204183209, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Eliciting Activities (MEAs), Pemecahan Masalah, Self-Efficacy, Bangun Ruang Sisi Datar. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai adalah peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan matematika. Fakta di lapangan masih menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah berkaitan erat dengan keyakinan siswa, keyakinan ini disebut dengan self-efficacy. Model Eliciting Activities (MEAs) digunakan sebagai solusi dalam permasalahan ini. Model Eliciting Activities (MEAs) adalah pembelajaran untuk memahami, menjelaskan, dan mengkomunikasikan konsep-konsep yang terkandung dalam suatu sajian masalah proses pemodelan matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap self-efficacy matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model eliciting activities (MEAs) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar yang berjumlah 348 dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-9 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 dan kelas VIII-10 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Analysis Varians Multivarians (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan model eliciting activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar, (2) ada pengaruh signifikan penerapan model eliciting activities (MEAs) terhadap self-efficacy matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar, (3) ada pengaruh signifikan penerapan model eliciting activities (MEAs) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ANNISA 12204183209 ANNISA EOSTRA LAMBANGSARI
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:40
Last Modified: 26 Jan 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43476

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item