PENGARUH PROFESIONALISME GURU, PEMBELAJARAN DARING, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MIN SEKABUPATEN PONOROGO

ULFA KHUSNATUL HIDAYAH, 128505203028 (2024) PENGARUH PROFESIONALISME GURU, PEMBELAJARAN DARING, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MIN SEKABUPATEN PONOROGO. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru, Pembelajaran Daring, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di MIN Se-Kabupaten Ponorogo”, ini ditulis oleh Ulfa Khusnatul Hidayah dengan dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, M.M dan Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah lingkungan belajar yang kurang kondusif, pembelajaran yang tidak menarik serta motivasi belajar siswa. Pembelajaran yang terpaksa dilakukan secara daring membuat guru tidak dapat memantau secara langsung sejauh mana pemahaman perkembangan peserta didik terhadap materi ajar. Pada saat daring ini para guru juga dituntut untuk menguasai metode dan media yang pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan pembelajaran dalam jaringan. Siswa pun harus beradaptasi dengan pelaksanaan pembelajaran melalui jarak jauh. Pada observasi awal peneliti menemukan beberapa siswa di MI Kabupaten Ponorogo yang mengikuti pembelajaran daring merasa tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut membuat peneliti tertatik melakukan penelitian tetang pengaruh profesionalisme guru, pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh profesionalisme terhadap hasil belajar siswa di MI se-Kabupaten Ponorogo, 2) pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di MI se-Kabupaten Ponorogo, 3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MI se-Kabupaten Ponorogo, dan 4) pengaruh profesionalisme guru, pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MIN seKabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Peneliti mengangkat sampel sejumlah 325 siswa dari jumlah populasi yang ada sebesar 1680 Siswa dengan menggunakan teknik non probability sampling dan metode ang digunakan untuk penarikan sampel yaitu purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Profesionalisme Guru berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 7,326 > 1,9674 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. 2)Pembelajaran Daring berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,088 > 1,9674 dengan nilai sig 0,038 < 0,05. 3)Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,878 > 1,9674 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. 4)Profesionalisme Guru, Pembelajaran Daring ,dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu sebesar 95,386 > 3,87 dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203028 ULFA KHUSNATUL HIDAYAH
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:16
Last Modified: 29 Jan 2024 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43483

Actions (login required)

View Item View Item