LESTARI, 12204193159 (2024) DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (972kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (615kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Kognitif pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP Negeri 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh LESTARI, NIM. 12204193159, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Pembimbing: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Disposisi Matematis, Gaya Kognitif, Materi Teorema Pythagoras Disposisi matematis penting dikembangkan karena dapat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar matematika, dengan menggunakan disposisi matematis yang dimiliki oleh siswa, diharapkan siswa dapat menyelesaikan masalah, mengembangkan kegiatan kerja yang baik dalam matematika, serta bertanggung jawab dalam belajar matematika. Disposisi yang dimiliki antara siswa satu siswa dengan siswa lainnya tentu berbeda, begitu pula dalam memahami serta menyelesaikan masalah. Karakteristik yang berbeda antara siswa dalam memahami serta menyelesaikan suatu masalah disebut gaya kognitif. Skripsi ini menekankan kepada disposisi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif khususnya pada materi teorema Pythagoras. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) pada materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Sumbergempol, (2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD) pada materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sumbergempol dengan mengambil subjek siswa kelas VIII-C sejumlah 4 subjek, yaitu subjek dengan karakteristik gaya kognitif field independent 2 dan subjek dengan karakteristik gaya kognitif field dependent 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamat, triangulasi, dan diskusi dengan teman sebaya. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Disposisi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan suatu masalah pada materi teorema Pythagoras memenuhi ketujuh indikator disposisi matematis, yaitu memiliki rasa percaya diri, memiliki fleksibilitas, memiliki rasa gigih dan tekun, memiliki ketertarikan dan keingintahuan, mampu mereflektif, mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki sikap apresiasi, (2) Disposisi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan suatu masalah pada materi teorema Pythagoras memenuhi beberapa dari ketujuh indikator disposisi matematis, yaitu memiliki fleksibilitas, memiliki rasa gigih dan tekun, memiliki ketertarikan dan keingintahuan, mampu mereflektif, memiliki sikap apresiasi, dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193159 LESTARI |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43510 |
Actions (login required)
View Item |