PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS LINGKARAN ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERCERITA (KARTUN) DAN KERTAS RUMUS AJAIB (KERTAIB) SISWA KELAS VIII MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

DEWI QURRIN NGAIN, 2814123007 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS LINGKARAN ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERCERITA (KARTUN) DAN KERTAS RUMUS AJAIB (KERTAIB) SISWA KELAS VIII MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab VI.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbandingan Hasil Belajar Materi Luas Lingkaran antara Menggunakan Media Pembelajaran Gambar Bercerita (KARTUN) dan Kertas Rumus Ajaib (KERTAIB) Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016” yang ditulis oleh Dewi Qurrin Ngain, NIM. 2814123007, pembimbing Maryono, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran Kartun, Media Pembelajaran Kertas rumus, Hasil Belajar Matematika, Materi Luas Lingkaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan bagi sebagian besar siswa. Selain itu guru dalam mengajar cenderung keliru dalam memilih media yang tepat sehingga menyebabkan hasil belajar yang didapat siswa tidak maksimal. Dalam kegiatan pembelajaran yang terjadi di lapangan, sering kali guru menggunakan media yang tidak sesuai dengan materi dan ada juga guru yang tidak menggunakan media. Sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak konsentrasi. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa dapat temotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belaja siswa. Media pembelajaan yang dibandingkan dalam kasus ini adalah Kartun dan kertas rumus yang diharapkan salah satu dari media tersebut bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Manakah yang lebih baik, hasil belajar menggunakan media pembelajaran Gambar Bercerita (Kartun) atau Kertas Rumus Ajaib (KERTAIB) untuk diterapkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Karangrejo Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui Manakan yang lebih baik, hasil belajar menggunakan media pembelajaran Gambar Bercerita (Kartun) atau Kertas Rumus Ajaib (KERTAIB) untuk diterapkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Karangrejo Tulungagung”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-G dan VIIIH. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil perhitungan menunjukkan perbedaan media kartun dan media KERTAIB terhadap hasil belajar. Ditunjukkan dari nilai t_hitung=4,059757627≥t_tabel=1,66342 pada db=83 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hal itu, kelas media kartun mempunyai nilai rata–rata kelas sebesar 75,37 atau μ_1=75,37dan kelas media kertas rumus mempunyai nilai rata-rata 64,43 atau μ_2=64,43 . Karena μ_1>μ_2, maka dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar media yang menggunakan media kartun lebih baik dari pada menggunakan media kertas rumus pada materi garis singgung lingkaran siswa kelas VIII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123007 DEWI QURRIN NGAIN
Date Deposited: 27 Dec 2016 06:34
Last Modified: 27 Dec 2016 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item