AYU NOVIA SARI, 17402163024 (2024) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA KERIPIK PISANG UD. PANAMA DESA WAUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (858kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Ayu Novia Sari, NIM 17402163024, Implementasi Bauran Pemasaran pada Keripik Pisang UD. Panama Desa Waung Kabupaten Tulungagung dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Perkembangan olahan pangan yang sangat beragam, membuat setiap pengusaha berlomba-lomba untuk membuat produk makanan yang disukai masyarakat. Dalam hal ini, permasalahan yang muncul adalah apabila produk yang dihasilkan serupa dengan perusahaan lain, sehingga munculnya sebuah persaingan usaha untuk merebutkan kepuasan konsumen. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi bauran pemasaran pada industri keripik pisang UD. Panama? 2) Apakah industri keripik pisang UD. Panama dalam mengimplementasikan bauran pemasaran sudah sesuai perspektif etika bisnis islam? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran pada industri keripik pisang UD. Panama. 2) Untuk menganalisis industri keripik pisang UD. Panama dalam mengimplementasikan bauran pemasaran sudah sesuai perspektif etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi bauran pemasaran yang dilakukan oleh UD. Panama terdiri dari strategi marketing 7P, yaitu produk yang dihasilkan berkualitas dan inovatif, harga yang ditawarkan terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk, lokasi UD. Panama yang strategis dan pendistribusian barang hingga ke luar negeri dengan pelayanan pelanggan yang prima, promosi yang dilakukan oleh UD. Panama yaitu dengan penjualan pribadi melalui offline secara face to face, dan publikasi secara online melalui facebook dan whatsapp, serta promosi penjualan. Strategi people dilakukan UD. Panama yaitu memberikan tugas dan tanggungjawab kepada seluruh karyawan, memberikan pelayanan dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumennya. Strategi proses yang digunakan oleh UD. Panama dalam pembuatan hingga pengemasannya membutuhkan waktu satu hari, dan yang terakhir adalah bukti fisik berupa produk keripik pisang sudah tersedia di tempat produksi dan lokasi pendistribusian produk keripik pisang. 2) Dalam melakukan implementasi bauran pemasaran keripik pisang UD. Panama, sesuai dengan etika bisnis islam yang berpegang teguh dengan prinsip sidiq, yaitu jujur dalam memberikan informasi. Tabligh yaitu menyampaikan segala sesuatu dengan benar. Amanah, UD. Panama memberikan tanggungjawab atas produk yang rusak akibat kelalaiaannya. Fathonah, UD. Panama melakukan inovasi produk empat varian rasa agar mampu bersaing dan meningkatkan penjualan. Kata Kunci: Bauran pemasaran, perspektif, etika bisnis islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163024 AYU NOVIA SARI |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 04:16 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43530 |
Actions (login required)
View Item |