KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NINA SAPRINA WATI, 12204193070 (2024) KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-A DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kecemasan Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII-A di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nina Saprina Wati, NIM. 12204193070, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: kecemasan matematika, pemecahan masalah matematika, tipe kepribadian, materi bangun ruang sisi datar Memecahkan masalah matematika adalah usaha atau cara siswa dalam mencari jalan keluar dari permasalahan matematika sesuai dengan prosedur, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki siswa sebelumnya. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam memunculkan ide atau gagasan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan matematika. Namun saat proses belajar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar salah satunya kecemasan, tetapi kecemasan merupakan gejala normal yang dialami oleh seseorang. Perbedaan setiap siswa dalam memecahkan masalah matematika dikarenakan setiap individu memiliki ciri atau karakter yang berbeda dalam menyampaikan informasi yang diperoleh bahkan perasaan yang dialami ketika memecahkan masalah matematika juga berbeda. Hal ini disebut kecemasan matematika. Ciri atau karakter itu kemudian dikenal dengan tipe kepribadian. Menurut Hippocrates-Galenus, tipe kepribadian ada empat yaitu sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Setiap siswa memiliki satu tipe kepribadian yang dominan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dalam memecahkan masalah matematika; 2) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian koleris dalam memecahkan masalah matematika; 3) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian melankolis dalam memecahkan masalah matematika; 4) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian plegmatis dalam memecahkan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini diambil dari kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa. Dari 28 siswa tersebut diambil 2 siswa dengan tipe kepribadian sanguinis, 2 siswa dengan tipe kepribadian koleris, 2 siswa dengan tipe kepribadian melankolis, dan 2 siswa dengan tipe kepribadian plegmatis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian sanguinis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan rendah. 2) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian koleris dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan rendah dan tinggi. 3) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian melankolis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan tinggi. 4) kecemasan siswa dengan tipe kepribadian plegmatis dalam memecahkan masalah matematika berada pada tingkat kecemasan sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193070 NINA SAPRINA WATI
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:46
Last Modified: 18 Mar 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43563

Actions (login required)

View Item View Item