STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 SRENGAT

MOHAMAD ROZAK MUDHOFI, 126201202174 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Paham Radikalisme pada Peserta Didik di SMPN 1 Srengat” ditulis oleh Mohamad Rozak Mudhofi, NIM 126201202174, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Rasikalisme, Strategi Guru PAI (Pengorganisasian, Penyampain, dan Pengelolaan) Radikalisme merupakan salah satu hal yang dikecam indonesia bahkan dunia. Tragedi Bom Bali 12 Oktober 2002 merupakan sebuah peristiwa mencengangkan yang menewaskan 202 orang. Guru PAI memiliki peran untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai adab maupun akhlak yang sesuai ajaran islam dan tidak mengesampingkan nilai kebhinekaan. Dalam hal ini maka diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencegah paham radikalisme. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengorganisasian guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah paham radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Srengat? (2) Bagaimana penyampaian guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah paham radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Srengat? (3) Bagaimana pengelolaan guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah paham radikalisme pada peserta didik di SMPN 1 Srengat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan alur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi Guru PAI dalam mencegah paham radikalisme pada peserta didik dilakukan dengan menanamkan karakter berakhlak, beradap, bertoleransi, serta meyakini islam rohmatan lilalamin. Guru PAI menyiapkan konsep atau metode yang akan diberikan kepada peserta didik yang isinya mengarah pada bagaimana cara mencegah atau menaggulangi paham Radikalisme. Strategi Guru PAI dalam mengorganisasikan pembelajaran dengan menuntun siswa agar menjauhi paham radikal terutama dengan menekankan sikap toleransi. (2) Strategi penyampaian dilakukan Guru PAI dengan menjelaskan terkait toleransi dan radikalisme dengan video dan juga PPT. Media pembelajaran dalam upaya mencegah paham radikalisme berupa LCD Proyektor, buku LKS, dan HP. Struktur belajar yang mendominasi dalam upaya pencegahan paham radikalisme yakni struktur belajar kelompok. (3) Penjadwalan strategi pembelajaran dalam pengelolaan dengan memaksimalkan penggunaan media dan komponen strategi lain, tetapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan. Catatan kemajuan dibuat dengan mengamati keadaan siswa, penggunaan metode umpan balik, dan assesement di akhir pembelajaran. Pengelolaan motivasi diberikan guru PAI dengan apresiasi dan menjadi role model yang baik bagi peserta didik. Kontrol belajar siswa yang dilakukan guru PAI fleksibel, tetapi tetap memperhatikan perencanaan yang telah dibuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202174 MOHAMAD ROZAK MUDHOFI
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:10
Last Modified: 10 Jul 2024 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43651

Actions (login required)

View Item View Item