ALFA ROISYA, 12851221002 (2023) BERPIKIR RELASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA LITERASI NUMERASI BERDASARKAN EFIKASI DIRI DI SMK QUEEN AL FALAH MOJO KEDIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Berpikir Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Literasi Numerasi Berdasarkan Tingkat Efikasi Diri di SMK Queen Al Falah Ploso Mojo Kabupaten Kediri” yang ditulis oleh Alfa Roisya dengan Nomor Induk Mahasiswa 12851221002, pembimbing 1 Dr. Dewi Asmarani, M.Pd, pembimbing 2 Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Proses berpikir relasional, efikasi diri, gender dan masalah matematika literasi numerasi Proses berpikir relasional siswa adalah aktivitas mental siswa untuk membuat keterkaitan objek dari yang diketahui pada soal menjadi bentuk simbol dan angka dengan memperhatikan hubungan dari informasi pada soal dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya, untuk menyelesaikan masalah dengan konsep matematika. Efikasi diri adalah suatu keyakinan seseorang akan kemampuannya dalam memberikan respon pada berbagai situasi akan sangat mempengaruhi proses berpikirnya. Gender berasal dari bahasa Latin, yaitu "genus", berarti tipe atau jenis. Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya. Masalah matematika literasi numerasi adalah rangkaian cara yang dirumuskan secara terstruktur dalam menemukan solusi atau jawaban dari permasalahan matematika dalam mengasah kemampuan seseorang dalam menggunakan penalaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah laki-laki yang memiliki efikasi diri tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi, (2) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah perempuan yang memiliki efikasi diri tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi., (3) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah laki-laki yang memiliki efikasi diri sedang dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi, (4) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah perempuan yang memiliki efikasi diri sedang dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi, (5) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah laki-laki yang memiliki efikasi diri rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi, (6) Mendeskripsikan proses berpikir relasional siswa SMK Queen Al Falah perempuan yang memiliki efikasi diri rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbaisis literasi numerasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek laki-laki yang memiliki efikasi diri tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi, memenuhi semua indikator proses berpikir., (2) Subjek perempuan yang memiliki efikasi diri tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi memenuhi semua indikator proses berpikir relasional, (3) Subjek laki-laki yang memiliki efikasi diri sedang dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi memenuhi semua indikator proses berpikir relasional, (4) Subjek perempuan yang memiliki efikasi diri sedang dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi memenuhi semua indikator proses berpikir relasional, (5) Subjek laki-laki yang memiliki efikasi diri rendah dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi pada soal nomer 1 belum mampu memenuhi semua indikator proses berpikir relasional dikarenakan ada satu indikator yang terlewat, sedangkan pada nomor 2 subjek mampu memenehui semua indicator berpikir relasional, (6) Subjek perempuan yang memiliki efikasi diri rendah dalam menyelesaikan masalah matematika literasi numerasi pada soal nomer 1 dan soal nomor 2 belum mampu memenuhi semua indikator proses berpikir relasional dikarenakan ada satu indikator yang terlewat yaitu indikator membangun relasi berdasarkan simbol dan stuktur dalam matematika.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12851221002 ALFA ROISYA |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43667 |
Actions (login required)
View Item |