PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEMA PERUBAHAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS STUDI KASUS DI MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

MAKHRUS GHUFRON, 12209183042 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEMA PERUBAHAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS STUDI KASUS DI MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Tema Perubahan Sosial untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan” ini ditulis oleh Makhrus Ghufron, NIM. 12209183042, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (T.IPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Penerapan, Numbered Head Together, Kerjasama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permaasalahan terkait pembelajaran dalam kelas IX terutama pada pembelajaran IPS seperti halnya pembelajaran yang dirasa membosankan bagi siswa, penyampaian guru dalam pembelajaran konfensional atau menggunakan model ceramah, siswa yang kurang memperhatikan guru disaat menjelaskan materi, serta bahan ajar yang kurang memadahi. Maka dari itu dibutuhkan peran seorang guru untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together guna untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa didalam kelas. Rumusan massalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, 3) Bagaimana keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji dependability, dan uji confirmability. Serta tahap-tahap penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data, pelaporan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, 3) Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tema perubahan sosial untuk meningkatkan sikap kerjasama siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183042 MAKHRUS GHUFRON
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:49
Last Modified: 15 Feb 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43681

Actions (login required)

View Item View Item