FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH SISTEM BAGI HASIL PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

KUNAZATUL SHIMA, 12401193118 (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH SISTEM BAGI HASIL PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat dalam Memilih Sistem Bagi Hasil pada Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Kunazatul Shima, NIM. 12401193118, pembimbing Dr. Muhamad Aqim Adlan, S.Pd.I., M.E.I. Pertumbuhan perbankan di Indonesia semakin kompleks dengan adanya sistem bagi hasil. Bank dijadikan sebagai mitra dalam memenuhi semua kebutuhan keuangan mereka sehari-hari dan sebagai tempat untuk melakukan berbagai transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Masyarakat memutuskan untuk memilih sistem bagi hasil pada bank syariah tentu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam mengambil keputusan, baik berupa faktor eksternal (faktor budaya dan faktor sosial) maupun faktor internal (faktor pribadi dan faktor psikologi). Maka dari itu, penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal dan faktor internal terhadap keputusan masyarakat Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dalam memilih sistem bagi hasil pada bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang di sebarkan kepada 100 responden, yaitu masyarakat Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung yang telah memiliki rekening di bank syariah. Teknik analisis data menggunakan SPSS melalui uji regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel faktor eksternal, yaitu faktor budaya dan faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat, sedangkan faktor internal, yaitu faktor pribadi dan faktor psikologi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam memilih sistem bagi hasil pada bank syariah. Angka R Square sebesar 0,706 menunjukkan bahwa 70,6% variasi keputusan masyarakat bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 29,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keputusan Masyarakat, Sistem Bagi Hasil, Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193118 KUNAZATUL SHIMA
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:08
Last Modified: 22 Feb 2024 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43767

Actions (login required)

View Item View Item