PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK UNO STACKO DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK DHARMA WANITA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT

WAHYU ELOK SYNTA URIANTI, 12206183084 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK UNO STACKO DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK DHARMA WANITA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Balok UNO STACKO dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak di TK Dharma Wanita Dermojayan Kecamatan Srengat” yang ditulis oleh Wahyu Elok Synta Urianti, NIM 12206183084, Dosen Pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: UNO Stacko, Ranah Kognitif, Kecerdasan Visual-Spasial Pendidikan anak usia dini pada dasarnya adalah suatu bentuk pengajaran yang dibentuk untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Sifat pengembangan pendidikan anak usia dini ditandai dengan lingkungan belajar yang merangsang secara visual, bahasa, interaksi, keterampilan dan penalaran mereka. Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan untuk memahami dan mengubah sudut pandang tentang pemahaman konsep, pemecahan masalah, pencarian pola, dan kreativitas. Kecerdasan visual-spasial tidak luput dari proses kognitif. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media UNO Stacko dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak di TK Dharma Wanita Dermojayan Kecamatan Srengat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan media UNO Stacko dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak di TK Dharma Wanita Dermojayan, (2) mendeskripsikan pelaksanaan media UNO Stacko dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak di TK Dharma Wanita Dermojayan, (3) mendeskripsikan evaluasi media UNO Stacko dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak di TK Dharma Wanita Dermojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media UNO Stacko di TK Dharma Wanita Dermojayan telah dirancang dan disusun dalam RPPH yang tetap memperhatikan metode pembelajaran serta teknik penilaian sebagai pedoman untuk mengajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan media UNO Stacko di TK Dharma Wanita Dermojayan menggunakan langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan inti untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial adalah menggunakan media UNO Stacko. Pada kegiatan inti menitikberatkan pada penggunaan pendekatan ranah kognitif (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian) yang difokuskan pada kecerdasan visual-spasial hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran berjalan maksimal, efektif dan efisien. (3) Evaluasi pembelajaran media UNO Stacko di TK Dharma Wanita Dermojayan untuk meningkatkan kecerdasan visualspasial dengan menggunakan teknik penilaian PAUD yaitu ceklis capaian perkembangan dan hasil karya. Hal tersebut dilakukan karena mengingat pembelajaran yang dilaksanakan adalah kecerdasan visual-spasial dimana ranah kognitif menjadi pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183084 WAHYU ELOK SYNTA URIANTI
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:52
Last Modified: 22 Feb 2024 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43773

Actions (login required)

View Item View Item