PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII di MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

ALMAS DIANA AZHARI, 2814123003 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII di MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Almas Diana Azhari dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Guided Discovery, Hasil Belajar, Lingkaran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif. Dalam hal ini peneliti ingin menghubungkan masalah model pembelajaran dengan hasil belajar di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulunggung. 2)Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulunggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester II tahun ajaran 2015/2016. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan model quasi eksperimental design, desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di MTs Al-Ma’arif Tulungagung yaitu VIII –A dan VIII – B, dimana kelas VIII – B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VIII – A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan lingkaran yakni pokok bahasannya adalah menghitung keliling dan luas lingkaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, Pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, data hasil post tes diperoleh nilai thitung 3,6195 > ttabel (1,66571) yang menunjukkan Ada pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran Siswa Kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,3421 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,6578 sehingga diperoleh selisih sebesar 8,6843 dapat diketahui besarnya pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa Kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung adalah sebesar 0,731, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s maka 76%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar Siswa termasuk dalam kategori tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123003 ALMAS DIANA AZHARI
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:49
Last Modified: 29 Dec 2016 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item