PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP LIFE SKILLS SISWA KELAS XI MATERI SISTEM REGULASI DI MAN 1 TRENGGALEK

LUTFI ROIDATUS SHOLIKAH, 12208193085 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP LIFE SKILLS SISWA KELAS XI MATERI SISTEM REGULASI DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Life Skills Siswa Kelas XI Materi Sistem Regulasi Di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Lutfi Roidatus Sholikah, NIM. 12208193085, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Life Skills Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses KBM yang terlampau sering menggunakan model pembelajaran secara langsung dengan pelaksanaannya masih berupa tanya jawab berpusat pada guru, sehingga terkesan membosankan dan tidak mampu mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Banyak siswa yang masih pasif dalam proses pembelajaran seperti sulit mengemukakan pendapatnya kepada orang lain, cenderung malu dan takut bertanya kepada guru, serta masih kesulitan untuk mengaitkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan rendahnya kecakapan hidup yang dimiliki oleh siswa sebagai bekal menghadapi tantangan dan ketatnya persaingan dunia. Oleh sebab tersebut, peneliti mencoba melakukan inovasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, yang mana model pembelajaran ini cocok digunakan dalam proses pembelajaran dengan melibatkan partisipasi aktif dari siswa untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok meliputi prosses analisis, berpikir kritis dan kreatif, melakukan komunikasi, mengumpulkan informasi, menuangkan ide-ide dalam bentuk hasil investigasi, serta mempresentasikan hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap life skills siswa kelas XI materi sistem regulasi di MAN 1 Trenggalek. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap life skills siswa kelas XI materi sistem regulasi di MAN 1 Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Bentuk desain penelitian yaitu post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di MAN 1 Trenggalek berjumlah 229. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 3 (kelas kontrol), dengan jumlah siswa yang sama yaitu 22. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test yang dilanjutkan dengan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap life skills siswa kelas XI materi sistem regulasi di MAN 1 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed). Taraf sig. (2-tailed) memiliki nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (2) besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap life skills siswa kelas XI materi sistem regulasi di MAN 1 Trenggalek yaitu 0,713 dengan kategori sedang, didapat dari nilai uji effect size.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193085 LUTFI ROIDATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:17
Last Modified: 27 Feb 2024 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43796

Actions (login required)

View Item View Item