PENYERTAAN MODAL PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH PASAL 3 NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus Bumdes Ngudi Sejahtera Di Desa Ngunut Kecamatan Ngunut)

LATIF FATUL FAZARIYAH, 126101202123 (2024) PENYERTAAN MODAL PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH PASAL 3 NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus Bumdes Ngudi Sejahtera Di Desa Ngunut Kecamatan Ngunut). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Latif Fatul Fazariyah, 126101202123, Penyertaan Modal Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 3 Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Bumdes Ngudi Sejahtera Di Desa Ngunut Kecamatan Ngunut), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing : Abd Khair Wattimena, M.H Kata Kunci : Penyertaan Modal, Pengembangan, usaha BUMDes. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui penyertaan modal yang diberikan pemerintah desa ngunut untuk usaha bumdes ngudi sejahtera dan bagaimana proses pengelolaan yang berlangsung untuk pengembangan bumdes ngudi sejahtera desa ngunut. Fokus Penelitian dalampenelitian ini adalahh bagaiimana penyertaan modal yang diberikan dengan pertanyaanpenelitian : 1) Bagaimana penyertaan modal Pemerintah Desa dalam pengembangan usaha BUMDes Ngudi Sejahtera Desa Ngunut? 2) Bagaimana implementasi penyertaan modal pemerintah desa ngunut pada bumdes ngudi sejahtera ditinjau dari pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021? 3) Bagaimana pandangan hukum ekonomi islam terhadap penyertaan modal pemerintah desa dalam pengembangan usaha BUMDes Ngudi Sejahtera di desa ngunut? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penyertaan modal pemerintah desa dalam pengembangan usaha BUMDes Ngudi sejahtera di Desa Ngunut. 2) Untuk mengetahui implementasi penyertaan modal pemerintah desa ngunut pada bumdes ngudi sejahtera di tinjau dari pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021. 3) pandangan hukum ekonomi islam terhadap penyertaan modal pemerintahvdesa dalam pengembangan usaha BUMDes Ngudi Sejahtera diDesa Ngunut. Penelitian ini memanfaatkan mettode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangann. Tekknik pengumpulandata yang digunakanpeneliti berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknisvanalisis dalam penelitian ini adalah redukksi data, penyajiann data, pennarikan dan kesimpullan. Penelitian ini menunjjukkan bahwa : 1) Penyertaan modal oleh pemerintah desa untuk pengembangan usaha BUMDes Ngudi Sejahtera Desa Ngunut telah melakukan yang terbaik. Ditandai dengan beberapa inovasi dalam mengelola unit usaha BUMDes.akan tetapi ada kendala yang dialami dalam berlangsungnya proses pengembangan. 2) Penyertaan modal oleh pemerintah desa untuk dikelola BUMDes belum efektif, ditandai dengan kebutuhan masyarakat dan umkm yang belum terpenuhi fasilitas penunjang sesuai dengan anjuran dari PP No 11 Tahun 2021. 3) Penyertaan modal oleh Pemerintah desa untuk pengembangan usaha BUMDes Ngudi sejahtera Desa Ngunut telah sesuai dengan Hukum Ekonomi Islam karena sudah melakukan penyertaan modal yang transparan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202123 LATIF FATUL FAZARIYAH
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:33
Last Modified: 27 Feb 2024 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43861

Actions (login required)

View Item View Item