HADIRA. R, 12850121016 (2024) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL, SUPERVISI KEPALA MADRASAH, DAN BUDAYA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI SE-KOTA KENDARI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Manajerial, Supervisi Kepala Madrasah, dan Budaya Madrasah Terhadap Kinerja Guru MTs Negeri se-Kota Kendari.” Ini ditulis oleh Hadira. R dengan bimbingan oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Supervisi, Budaya Madrasah, dan Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena melemahnya kinerja guru. Guru melaksanakan tugasnya masih kurang persiapan materi dan metode pengajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Kompetensi manajerialnya kepala madrasah dalam upaya peningkatan mutu madrasah masih perlu peningkatan dan supervisinya masih perlu teraplikasi dengan baik dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Untuk mencapai hasil yang diharapkan yaitu pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi, maka kepala madrasah perlu melakukan penilaian terhadap kinerja guru agar menjadi bahan instropeksi bagi guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: 1) bagaimana deskripsi kompetensi manajerial di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 2) bagaimana deskripsi supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 3) bagaimana deskripsi budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 4) bagaimana deskripsi kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 5) apakah ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 6) apakah ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 7) apakah ada pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 8) apakah ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 9) apakah ada pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 10) apakah ada pengaruh budaya madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 11) apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap budaya madrasah melalui supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 12) apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 13) apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap kinerja guru melalui budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari?, 14) apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari? Tujuan Penelitian: 1) menjelaskan kompetensi manajerial di MTs Negeri se-Kota Kendari, 2) menjelaskan supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 3) Menjelaskan budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 4) menjelaskan kompetensi kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari, 5) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial terhadap supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 6) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial terhadap budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 7) menjelaskan pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 8) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, 9) menjelaskan pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari, 10) menjelaskan pengaruh budaya madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri se-Kota Kendari, 11) menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap budaya madrasah melalui supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 12) menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 13) menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap kinerja guru melalui budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari, 14) menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui budaya madrasah di MTs Negeri se-Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi MTs Negeri se-Kota Kendari yang berjumlah 108 guru. Untuk memperkaya jumlah subjek dalam penelitian ini diambil subjek 108. Variabel bebas kompetensi manajerial, supervisi kepala madrasah, dan budaya madrasah. Variabel terikat kinerja guru. Sumber data responden dan dokumen. Teknik pengumulan data angket. Teknik analisis data yaitu uji variabel realibilitas, normative, linear, dan analisis jalu dengan bantuan SPSS for 23.0 dan SPSS for 16.0. Hasil penelitian: 1) deskripsi kompetensi manajerial dengan rata-rata 70.25 nilai tengah 71.00, nilai yang sering muncul 73.00 simpangan baku 4.152, varians 17.236, rentang 19.00, skor terendah 61.00, dan skor tertinggi 80.00. Distribusi frekuensi tertinggi untuk kategori 2 (baik) terdiri atas 42 responden berada pada rentang 76-73, 2) deskripsi supervisi kepala madrasah dengan rata-rata 72.0093 nilai tengah 73.0000, nilai yang sering muncul 74.00 simpangan baku 2.95921, varians 8.757, rentang 15.00, skor terendah 62.00, dan skor sebesar 77.00. Distribusi frekuensi tertinggi berada pada kategori 1 (sangat baik) dengan frekuensi 42 responden pada rentang 74-77. 3) deskripsi budaya madrasah dengan nilai rata-rata 69.126 nilai tengah 69.0000, nilai yang sering muncul 68.00 simpangan baku 3.56539, varians 12.712, rentang 15.00, skor terendah 60.00, dan skor tertinggi sebesar 75.00. Distribusi frekuensi tertinggi berada pada kategori 1 (sangat baik) dengan frekuensi 33 responden pada rentang 72-75, 4) deskripsi kinerja guru dengan rata-rata 84.7963 nilai tengah 85.0000, nilai yang sering muncul 86.00 simpangan baku 2.20771, varians 4.874, rentang 10.00, skor terendah 78.00, dan skor tertinggi 88.00. Distribusi frekuensi tertinggi berada pada kategori 1 (sangat baik) dengan frekuensi 50 responden pada rentang 60-68, 5) terdapat pengaruh signifikan kompetensi manajerial terhadap supervisi kepala madrasah yang ditunjukkan oleh nilai thitung 4.605 > ttabel 1.982 dan dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 16.8%. Artinya semakin baik kompetensi manajerial maka semakin baik pula supervisi kepala madrasah, 6) terdapat pengaruh signifikan kompetensi manajerial terhadap budaya madrasah yang ditunjukkan oleh nilai thitung 3.084 > ttabel 1.982 dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 7.8%. Artinya semakin baik kompetensi manajerial maka semakin baik pula budaya madrasah, 7) terdapat pengaruh signifikan supervisi kepala madrasah terhadap budaya madrasah yang ditunjukkan oleh nilai thitung 3.771 > ttabel 1.982 dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 11.7%. Artinya semakin baik supervisi kepala madrasah maka semakin baik pula budaya madrasah, 8) terdapat pengaruh signifikan kompetensi manajerial terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung 2.130 > ttabel 1.982 dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 3.6%. Artinya semakin baik kompetensi manajerial maka semakin baik pula kinerja guru, 9) terdapat pengaruh signifikan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung 1.988 > ttabel 1.982 dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 3.8%. Artinya semakin baik supervisi kepala madrasah maka semakin baik pula kinerja guru, 10) erdapat pengaruh signifikan budaya madrasah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung 3.874 > ttabel 1.982 dan signifikan 0.000 > 0.05 sehingga H0 diolak Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 13.9%. Artinya semakin baik budaya madrasah maka semakin baik pula kinerja guru, 11) terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi manajerial dengan budaya madrasah melalui supervisi kepala madrasah yang ditunjukkan oleh PX2X1 x PX3X2 = 0.408 x 0.343 = 0.139. Nilai 0.139 > 0.05 sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari signifikan 0.05 dan Ha diterima, 12) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala madrasah yang ditunjukan oleh X2X1 x PYX1 = 0.408 x 0.192 = 0.078. Nilai 0.078 > 0.05 sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari signifikan 0.05 dan Ha diterima, 13) terdapap pengaruh secara tidak langsung antara kometensi manajerial terhadap kinerja guru melalui budata madrasah yang ditunjukan oleh X3X1 x PYX3 = 0.281 x 0.374 = 0.105. Nilai 0.10.5 > 0.05 sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari signifikan 0.05 dan Ha diterima, 14) terdapat hubungan tidak langsung antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui budaya madrasah yang ditunjukan oleh X3X2 x PYX3 = 0.343 x 0.374 = 0.128. Nilai 0.128 > 0.05 sehingga nilai ini menunjukkan lebih besar dari signifikan 0.05 dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12850121016 HADIRA. R |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 08:59 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 08:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43918 |
Actions (login required)
View Item |