UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

ALLIN NAFIRA CAHYANI, 12201193283 (2024) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung” ini ditulis oleh Allin Nafira Cahyani, NIM : 12201193283, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Upaya Guru dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik, terutama hasil belajar pada peserta didik kelas IX dari segi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Guru sangat berperan penting dalam hasil belajar yang diperoleh setiap peserta didiknya, sehingga guru harus memiliki upaya dalam mengembangkan dan menginovasi setiap kegiatan pembelajaran agar hasil belajar dari segi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik meningkat. Peneliti mengambil obyek di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung sebab di lingkungan MTs Darul Falah Tulungagung terdapat beberapa peserta didik dengan hasil belajar yang cukup baik di bidang akademik seperti menjuarai kompetisi sains madrasah di bidang matematika, ips, dan ipa serta bidang non akademik menjuarai lomba menyanyi religi dan futsal . Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah afektif peserta didik kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan prosedur penyajian data deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data (data condesation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (verification). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung adalah membuat peta konsep setiap pembelajaran, membaca materi yang sudah dirangkumkan dalam peta konsep, menghafal materi yang sudah dirangkumkan dalam peta konsep. (2) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah afektif peserta didik kelas IX di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung adalah mengenalkan materi yang akan diajarkan dengan diterangkan secara singkat, membuat sistem pembelajaran menjadi menarik dengan kuis, membangun suasana kelas lebih komunikatif. (3) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik kelas IX di MTs Darul xx Falah Bendiljati Kulon Tulungagung adalah mempraktekkan kegiatan pembelajaran langsung di kelas, memberi contoh gerakan dan bacaan secara langsung, melatih setiap bacaan dan gerakan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193283 ALLIN NAFIRA CAHYANI
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:31
Last Modified: 05 Mar 2024 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43960

Actions (login required)

View Item View Item