PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ULFA ROSIDATUL AINI, 2817123168 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” .Skripsi, Jurusan PGMI, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, di tulis oleh Ulfa Rosidatul Aini, 2016, NIM 2817123168 yang dibimbing oleh Ibu Hj. Indah Khomsiah,M.Pd Kata Kunci: Kooperatif, Student Team Achivemen Division, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu indikator pada pembelajaran Matematika kelas III di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan faktanya guru masih menggunakan model atau metode lama yaitu ceramah, Tanya jawab dan penugasan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Matematika sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dengan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah(1) Untuk Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan Peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung(2) Untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan Pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran Matematika, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan. Dilihat dari hasil observasi(pengamatan) peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 69% meningkat menjadi 81,8% termasuk kategori baik. (2) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan. Adapun untuk rata-rata hasil peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dimulai dari (pre test) 37,72, (post test 1) 67,27 dan (post test 2) 94,54.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123168 ULFA ROSIDATUL AINI
Date Deposited: 25 Jan 2017 06:13
Last Modified: 25 Jan 2017 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item