KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

ARFINDA WIYAS WANDANI, 12204193253 (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung” ini ditulis oleh Arfinda Wiyas Wandani, NIM. 12204193253, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Pecahan, Gaya Belajar Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan mengidentifikasi unsur – unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan, mampu membuat atau menyusun model matematika, dapat memilih dan mengembangkan strategi pecahan, mampu menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh. Pada saat memecahkan masalah matematika, siswa dihadapkan dengan beberapa tantangan seperti kesulitan dalam memahami soal. Hal ini disebabkan karena masalah yang dihadapi bukanlah masalah yang pernah dihadapi siswa sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pecahan dengan gaya belajar visual di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan dengan gaya belajar auditori di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pecahan dengan gaya belajar kinestetik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII Mts Darul Fallah Bendiljati Kulon Tulungagung. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, hasil kuisioner, hasil tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dapat dilakukan dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi dan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar visual pada materi pecahan mampu memenuhi semua indikator yang tersedia dengan baik dan benar yaitu indikator memahami masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar auditori pada materi pecahan hanya mampu memenuhi satu indikator dari tiga indikator yang tersedia dengan baik. Indikator yang dipenuhi antara lain yaitu memahami masalah awal, namun pada indikator melaksanakan rencana tidak bisa berjalan dengan sempurna karena kurang teliti dalam melaksanakan rencana pada soal dan mendapatkan hasil yang salah. 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar kinestetik pada materi pecahan hanya mampu memenuhi dua indikator dari tiga indikator yang tersedia dengan baik. Indikator tersebut adalah memahami masalah, mampu melaksanakan rencana penyelesaian soal dengan benar, namun indikator ketiga memeriksa kembali hasil jawaban tidak bisa terlaksana dengan baik karena hasil yang didapatkan dari awal salah dan tidak diperiksa kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193253 ARFINDA WIYAS WANDANI
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:04
Last Modified: 05 Mar 2024 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43983

Actions (login required)

View Item View Item