PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN KOTA BLITAR PADA MATERI TURUNAN

CINDY EKA REFIAMANDA SARI, 12204193115 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN KOTA BLITAR PADA MATERI TURUNAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI MAN Kota Blitar pada Materi Turunan”, ditulis oleh Cindy Eka Refiamanda Sari, NIM 12204193115, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd,. M.M. Kata Kunci: Flipped Classroom, Kemampuan berpikir kreatif matematis. Banyak siswa yang memperoleh nilai ulangan harian di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) karena penerapan model pembelajaran konvensional yang didominasi oleh guru menyebabkan siswa kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa rendah. Siswa kesulitan mengerjakan soal yang diberikan jika berbeda dengan contoh sebelumnya karena cenderung meniru langkah mengerjakan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kreatif berpikir kreatif siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom yang mampu memanfaatkan waktu di kelas untuk menyelesaikan masalah dan siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MAN Kota Blitar pada materi Turunan. (2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MAN Kota Blitar pada materi Turunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment serta Post Test Only Control Design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Flipped Classroom sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dengan populasi siswa kelas XI MAN Kota Blitar dan sampel yang digunakan yaitu 35 siswa kelas XI Agama 1 sebagai kelas eksperimen serta 34 siswa kelas XI Agama 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data menggunakan tes yang dianalisis dengan uji-t dan uji Cohen’s d dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MAN Kota Blitar pada materi Turunan yang ditunjukkan melalui hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai Sig. sebesar 0,347 > 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MAN Kota Blitar pada materi turunan dengan uji Cohen’s d adalah 0,228 dan termasuk dalam kategori sedang, namun karena hasil uji-t menunjukkan hasil tak berpengaruh, maka hasil uji Cohen’s d hanya perhitungan dan tidak terdapat pengaruh terhadap kemampuan kreatif matematis siswa pada materi Fungsi Turunan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193115 CINDY EKA REFIAMANDA SARI
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:30
Last Modified: 08 Mar 2024 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43992

Actions (login required)

View Item View Item