MUHAMMAD WARID ABDULLAH, 12201193363 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN MADIN DARUL HIKMAH SINGKALANYAR KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Madin Darul Hikmah Singkalanyar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk’’ ini ditulis oleh Muhammad Warid Abdullah, NIM. 12201193363, prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M, Si. Kata Kunci : Strategi, Makharijul Huruf, Ilmu Tajwid Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena santri mayoritas umur 4-7 tahun yang dimana kemampuan untuk memahami materi pembelajaran mungkin belum sempurna, ditambah lagi dalam hal pengucapan masih ada beberapa santri yang belum sempurna dalam hal pengucapan untuk beberapa huruf. Oleh sebab itu guru harus mempersiapkan strategi yang tepat untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an pada santri. Karena pentingya belajar ilmu membaca Al-Qur’an agar kita terhindar dari kesalahan dalam membaca yang dapat menyebabkan dapat menyebabkan berkurangnya pahala ibadah atau bisa mengubah arti dari bacaan Al-Qur’an yang kita lafalkan dan jika fatal mungkin bisa menyebabkan dosa. Oleh karena itu sangat penting kita untuk mempelajari ilmu-ilmu dalam membaca Al-Qur’an agar bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Guru memiliki peran yang cukup besar terutama guru agama dalam pengajaran cara membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid ataupun makharijul huruf. Sehingga dalam penelitian ini peneliti membahas mengenai tata cara belajar Al-Qur’an melalui ilmu tajwid dan makharijul huruf. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1) Untuk mendiskripsikan strategi guru Madin dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid di Madin Darul Hikmah Singkalanyar. 2) Untuk mendiskripsikan strategi guru Madin dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an melalui makhorijul huruf di Madin Darul Hikmah Singkalanyar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala madin, ustadz ustadzah madin, serta santri. Sedangkan metode pengumpuan data pada penelitian ini yaitu observasi langsung, wawancara juga dokumentasi. Tahap analisis data yang peneliti gunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mengenalkan huruf hijaiyah kepada santri 2) Mengajarkan sifatul huruf 3) Mengajarkan ahkamul huruf 4) Mengajarkan ahkamul madd wal qashr 5) Mengajarkan ahkamul waqfi wal ibtida’ 6) Menjelaskan kepada santri huruf yang keluar dari Al-Jauf (rongga mulut), Al-Halq (tenggorokan), Al-Lisan (lidah), Asy-Safatain (dua bibir), Al-Khaisyum (pangkal hidung) 7) Menyuruh santri untuk membaca dan mempraktekan materi yang diajarkan oleh guru 8) Guru mengoreksi dan membenarkan apabila ada kesalahan 9) Guru melakukan interaksi tanya jawab dengan santri terkait materi yang telah diajarkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193363 MUHAMMAD WARID ABDULLAH |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 08:55 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 08:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44009 |
Actions (login required)
View Item |