KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT BLITAR

ASTI RAMADHANI, 12204173211 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA KELAS VIII SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Matematika adalah ilmu yang mempelajari konsep-konsep abstrak, logika, keteraturan, dan hubungan antara besaran. Matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah. Berpikir merupakan suatu aktivitas mental yang biasanya terjadi ketika seseorang menghadapi suatu permasalahan dan memerlukan cara untuk memecahkan permasalahan tersebut. Berpikir Visual adalah kemampuan berpikir analitis untuk melihat, memahami, dan mempersentasikan suatu informasi ke dalam bentuk gambar, grafik, atau sejenisnya. Berpikir Visual berperan penting dalam pembelajaran matematika termasuk dalam keberhasilan pembelajaran geometri, salah satunya dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Salah satu media pembelajaran bidang geometri yaitu aplikasi geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir visual kegiatan mengenali, membayangkan, memperlihatkan gambaran definisi, memperlihatkan atribut definisi, dan menyimpulkan dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar berbantuan geogebra kelas VIII SMPN 1 Srengat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah lima siswa dari kelas VIII-F SMPN 1 Srengat. Teknik Pengambilan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil tes dipaparkan dan dianalisis untuk kemampuan berpikir visual siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga subjek memiliki kemampuan berpikir visual kegiatan mengenali yang baik, semua subjek memiliki kemampuan berpikir visual kegiatan membayangkan yang baik, empat subjek memiliki kemampuan berpikir visual kegiatan memperlihatkan gambaran dan atribut definisi yang baik, serta dua subjek memeiliki kemampuan berpikir visual kegiatan menyimpulkan yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173211 ASTI RAMADHANI
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:30
Last Modified: 13 Mar 2024 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44014

Actions (login required)

View Item View Item