MUNA SILVIA, 12208193003 (2024) ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (120kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Pelaksanaan Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPA Kelas VII di MTsN 2 Blitar”. Skripsi ini ditulis oleh Muna Silvia NIM. 12208193003, Prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci: Analisis, Asesmen, Kurikulum Merdeka Asesmen merupakan proses pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan tentang kebijakan pendidikan, mutu program pendidikan, mutu kurikulum, mutu pengajaran atau sejauh mana pengetahuan yang telah diperoleh siswa tentang bahan ajar yang telah diajarkan kepadanya. Pada saat ini, kurikulum 2013 telah disempurnakan dengan adanya kurikulum baru yakni kurikulum merdeka belajar. Pada asesmen kurikulum merdeka diharapkan pendidik lebih berfokus dan terlibat pada asesmen formatif dibandingkan asesmen sumatif dan menggunakan hasil penilaian formatif untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan asesmen dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA kelas VII di MTsN 2 Blitar, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan asesmen dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA kelas VII di MTsN 2 Blitar, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan asesmen dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA kelas VII di MTsN 2 Blitar, (4) Mendeskripsikan upaya mengatasi faktor penghambat dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPA kelas VII di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat pelaksanaan asesmen dari 2 guru IPA dan kegiatan pembelajaran di kelas. Wawancara digunakan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan asesmen. Dokumentasi digunakan sebagai bukti dan mengabadikan proses penelitian berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi, data display, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pelaksanaan asesmen yakni: (a) penyusunan asesmen sesuai modul ajar, (b) penggunaan buku panduan asesmen, (c) penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran IPA. (2) pelaksanaan asesmen yakni: (a) pelaksanaan asesmen formatif, (b) pelaksanaan asesmen sumatif. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan asesmen adalah; faktor pendukung berupa sarana prasarana yang memadai dan guru yang kompeten. Sedangkan faktor penghambatnya berupa kurangnya referensi materi yang digunakan dalam belajar, kurangnya kemandirian siswa dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta letak geografis madrasah yang berada pada daerah blankspot (susah sinyal). (4) Upaya dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan asesmen adalah dengan menindaklanjuti dan mengubah strategi, metode maupun media dalam belajar serta melaporkan diri ke pihak terkait dengan pengajuan tower sendiri dan menambah kekuatan jaringan di lingkungan madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193003 MUNA SILVIA |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:03 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44034 |
Actions (login required)
View Item |