SRIANAH, 2811123213 (2016) METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DOKO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
1.COVER.pdf Download (60kB) |
||
|
Text
2. Lampiran Depan.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (207kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Usmani Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko Kecamatan Doko Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Srianah dibimbing oleh: Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I Kata kunci: Metode Usmani, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya kalangan masyarakat kita yang belum mengenal huruf hijaiyah atau tidak bisa membaca Al-Qur’an. Walaupun mempunyai kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, masih banyak masyarakat yang minim kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid secara benar. Bahkan dari ketidak mampuannya justru banyak yang tidak memiliki keinginan, minat atau motivasi untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan hal tersebut banyak menimpa masyarakat umum dan khususnya pelajar. Namun seiring berjalannya waktu di SMP Negeri 1 Doko dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut yakni dengan memasukkan kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada jam Mata Pelajaran dan masuk kegiatan Intra sekolah yang menjadi prioritas Program Tahunan dengan menggunakan metode pembelajan Al-Qur’an metode usmani. Sehingga Dalam hal ini peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat sebuah judul Metode Usmani Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Fokus Penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko ?; 2. Bagaimana evaluasi metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko ?; 3. Apakah faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui pelaksanaan metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko ?; 2. Untuk mengetahui evaluasi metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko ?; 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran Al-Quran dengan menerapkan metode usmani dan data tentang motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana- prasarana, dokumen siswa SMP Negeri 1 Doko dan data nilai siswa. Dalam melakukan analisis data tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan dalam pengecekan keabsahan data tahap-tahap yang dilakukan adalah perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamat, triangulasi sumber dan pengecekan dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Doko 1). Pelaksanaan metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VII telah direncanakan dengan matang, masuk pada kegiatan (RPP) metode usmani, dan dalam pelaksanaannya guru menggunakan tiga teknik yaitu sorogan, klasikal dan klasikal-individual, materi menitik beratkan kebenaran Makhraj, sifatul huruf, tajwid dan waqaf pada muatan materi setiap Juz yang berbeda dengan target kelas VII mulai dari juz 1 sampai 3. Dalam hal ini guru menciptakan pembelajaran yang menarik dengan kepribadian yang sabar, menarik, humoris dan menyenangkan. Memberikan reward berupa nilai raport dan sertifikat sebagai prasyarat mengambil ijazah kelulusan. 2). Evaluasi metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al- Qur’an yang digunakan terdapat 2 jenis yaitu test pelajaran dan test kenaikan juz, test pelajaran dilakukan dengan teknik sorogan dan Klasikal Baca Simak pada akhir kegiatan inti setiap pertemuan sedangkan tes kenaikan juz dilakukan dengan teknik sorogan namun apabila siswa remidi maka menggunakan teknik klasikal, klasikal baca simak dan sorogan. 3). Faktor pendukung metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat beragam sekali antara lain adanya pihak sekolah yang mendukung secara penuh kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dengan masuk pada intra sekolah dan masuk pada jam pelajaran, sarana dan prasarana sekolah yang lengkap, media dan sumber belajar untuk guru maupun siswa sangat memadai, guru yang kreatif dan inovatif dalam memilih strategi pembelajaran dengan siswa yang heterogen, adanya kerjasama dan komunikasi antara pihak sekolah dengan walimurid serta adanya reward untuk siswa. Sedangkan yang menghambat metode usmani dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa hanyalah berkurangnya alokasi waktu atau jam pertemuan karena adanya kegiatan sekolah, liburan sekolah atau rapat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123213 SRIANAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4407 |
Actions (login required)
View Item |