PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA MAN REJOTANGAN PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN

SITI NURJANAH, 2814123142 (2016) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA MAN REJOTANGAN PADA MATERI ATURAN PENCACAHAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurjanah, Siti, 2814123142, 2016. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA MAN Rejotangan Pada Materi Aturan Pencacahan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menyatakan bahwa memecahkan suatu masalah merupakan suatu aktivitas dasar bagi manusia. Kenyataan menunjukkan sebagian besar kehidupan manusia adalah berhadapan dengan masalah-masalah. Kita perlu mencari penyelesaiannya. Bila kita gagal dengan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, kita harus mencoba menyelesaikannya dengan cara lain. Begitupun dalam hal belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN Rejotangan diketahui bahwa siswa masih banyak yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan selalu karena ia tidak menguasai materi ajar tersebut, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah adalah metode problem solving. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN Rejotangan pada materi aturan pencacahan dan (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa XI MIA MAN Rejotangan pada materi aturan pencacahan. Pola penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode problem solving, sedangkan variable terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Rejotangan yang berjumlah 68 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 3, dimana kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 6 siswa dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Tes ini berbentuk pertanyaan uraian. Tes diberikan kepada 36 siswa dengan 4 butir pertanyaan. dengan menggunakan metode problem solving. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika pada bab aturan pencacahan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN Rejotangan pada materi aturan pencacahan, dimana penggunaan metode problem solving lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada menggunakan metode konvensional. Nilai rata–rata post test kelas eksperimen 81,17 dan kelas kontrol 70,83. Hal tersebut menunjukkan ada pengaruh hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya bahwa rata – rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji t-test (independent samples T Test) nilai hasil post test diperoleh nilai thitung (2, 567) > ttabel (5% = 2,032244509), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa., 2) besar pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN Rejotangan adalah sebesar 14%. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan metode problem solving dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123142 SITI NURJANAH
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:26
Last Modified: 30 Dec 2016 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4413

Actions (login required)

View Item View Item