EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI MI RADEN PATAH SELOPURO BLITAR

ANNISA ZAKINNA MAWADDATI, 12205193063 (2024) EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI MI RADEN PATAH SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul ―Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro Blitar‖ ini ditulis oleh Annisa Zakinna Mawaddati, NIM. 12205193063, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, pembimbing: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M. Pd. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Penguasaan Mufradat, Bahasa Arab Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap pembelajaran bahasa Arab itu sulit dan membosankan. Suasana pembelajaran yang cenderung pasif dikarenakan penggunaan media dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga menyebabkan kosakata yang yang dikuasai siswa belum maksimal dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti efektivitas metode bernyanyi dalam peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro? (2) Bagaimana efektivitas metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro. (2) Untuk mengetahui efektivitas metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes yang berupa pilihan ganda. Instrumen tersebut telah di uji keabsahanya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data berupa tes yang dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post-test yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas isi kepada dosen ahli bahasa Arab. Adapun teknik analisis data penelitian dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 26. 0 for windows. Dari tabel uji paired sample t-test yang dilakukan pada instrumen tes dapat terlihat bahwa didalam hasil uji paired sample t-test pada tes didapatkan nilai signifikansi 0,009 yaitu < 0,05. Nilai mean (rata-rata) pada kelas kontrol adalah adalah 78,83 dan nilai mean (rata-rata) dari kelas eksperimen adalah 86,17. Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan antara sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment dalam penguasaan mufradat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode bernyanyi efektif untuk meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di MI Raden Patah Selopuro Blitar Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193063 ANNISA ZAKINNA MAWADDATI
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:56
Last Modified: 15 Mar 2024 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44160

Actions (login required)

View Item View Item