RATNA AYU DIAH, 12209173028 (2024) UPAYA PENINGKATAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MESUJI PROVINSI SUMATERA SELATAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ratna Ayu Diah. 2023. Upaya Peningkatan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Mesuji Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Drs. H. Jani, M.M, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Peningkatan, Belajar Siswa, Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dan telah diterapkan sejak tahun 2013 sebagai altenatif pembelajaran. Adanya pandemi Corona menyebabkan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung. Sehingga keadaan ini mengakibatkan guru dan para siswa harus menggunakan pembelajaran secara daring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya peningkatan belajar siswa dengan penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Mesuji Provinsi Sumatera Selatan tahun pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana hambatan dalam menggunankan sistem daring pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Mesuji Provinsi Sumatera Selatan tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa secara daring pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021, (2) menjelaskan hambatan yang terjadi dalam penggunaan sistem daring pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021 Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) upaya peningkatan belajar siswa secara daring pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan dengan cara; menerapkan metode bermain, menerapkan evaluasi penilaian, mengoptimalkan sarana dan prasarana, mengoptimalkan platform online, dan belajar secara mandiri, (2) hambatan peningkatan belajar siswa secara daring pada mata pelajaran IPS yaitu sulitnya memahami materi, sering lupa, sinyal handphone yang tiba-tiba hilang, kehabisan kuota atau paket data internet, kualitas jaringan internet yang kurang optimal, mati lampu, metode pembelajaran yang memiliki kekurangan, masih ada siswa yang sulit untuk diatur dan tiba-tiba keluar dari forum daring, siswa yang hadir namun kemudian ditinggal pergi tidur atau main, selain itu bagi wali murid beban tugasnya semakin bertambah, kurangnya tingkat pengetahuan, serta masih terdapat banyak wali murid yang tidak memiliki handphone atau sarana pendukung lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209173028 RATNA AYU DIAH |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:52 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44161 |
Actions (login required)
View Item |