YOLA DWI HASTUTI, 12211183058 (2024) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS SEKECAMATAN TULUNGAGUNG PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (638kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs se-Kecamatan Tulungagung pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Yola Dwi Hastuti, NIM. 12211183058, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Pendampingan Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pandemi covid-19, yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan di rumah guna mencegah penularan virus tersebut. Hingga penelitian ini selesai dilakukan, sistem belajar tatap muka yang dilakukan di sekolah tidak berjalan 100%, artinya pada hari yang sama 50% siswa dapat belajar di sekolah dan 50% lainnya belajar di rumah. Pada kondisi ini, tentu bimbingan tatap maya dari guru tidaklah cukup. Banyak siswa yang akhirnya malas belajar karena merasa tidak diawasi, maka dari itu siswa perlu didampingi oleh orang dewasa dalam belajar, dalam hal ini adalah orang tuanya sendiri. Pendampingan orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan anak. Namun masih banyak orang tua yang menganggap remeh dan menganggap kewajiban orang tua dalam pendidikan anak tentang finansial saja. Padahal lebih dari itu, pendampingan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa mendapat hasil belajar yang memuaskan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menguji ada atau tidaknya pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar IPA siswa; (2) menguji ada atau tidaknya pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa; (3) menguji ada atau tidaknya pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 124 siswa, dengan teknik sampling purposive sampling, sehingga siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif yang berjumlah 91 siswa dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis awal menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Kemudian dilanjutkan dengan regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 56,8%; (2) terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua dan hasil belajar siswa yaitu sebesar 9,5%; (3) terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, karena nilai signifikansi 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs se-Kecamatan Tulungagung pada Mata Pelajaran IPA di masa pandemi covid19.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pandemi Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183058 YOLA DWI HASTUTI |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44177 |
Actions (login required)
View Item |