PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN

UTSIANA DEVI, 12205193218 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapp Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPA di MI Manba'ul 'Ulum, Buntaran Rejotangan" ini ditulis oleh Utsiana Devi, NIM: 12205193218, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M. Pd. Kata Kunci: Mind Mapp, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Salah satu faktor penyebabnya ialah proses pembelajaran yang dirasa kurang menarik. Oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat menarik minat pesera didik sehingga dapat membuat pesera didik lebih aktif dan hasil belajar pun dapat meningkat, salah satunya dengan menggunakan bantuan media pembelajaran mind mapp yang mana menurut sebagian teori dapat membantu meningkatkan hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA di MI Manba'ul 'ulum, Buntaran Rejotangan. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA di MI Manba'ul 'ulum, Buntaran Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 siswa dan kelas IV-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji prasyarat (uji) normalitas dan homogenitas), (2) uji hipotesis (uji t-test dan uji N-Gain). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Berdasarkan pengujian t-tes untuk untuk hasil belajar siswa pada materi gaya diperoleh nilai Sig (2- tailed) adalah 0.000. Berdasarkan pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh penggunaan media mind mapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA di MI Manba'ul 'Ulum, Buntaran, Rejotangan, Tulungagung. 2) Berdasarkan pengujian N-Gain Score kelas eksperimen meningkat 69,37% dengan kategori cukup efektif dengan nilai maksimum 100,00 dan nilai minimum 25,93 Sedangkan nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol meningkat 46,78% yang termasuk kedalam kategori kurang efektif dengan nilai maksimum 82,50 dan nilai minimum 20,59. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media mind mapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA di MI Manba'ul 'Ulum, Buntaran, Rejotangan, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193218 UTSIANA DEVI
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:48
Last Modified: 19 Mar 2024 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44192

Actions (login required)

View Item View Item