PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH BAB PEMULASARAN JENAZAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA MA’ARIF PONGGOK

MUHAMAD SOHIBUL MUSLIHIN, 126201201039 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH BAB PEMULASARAN JENAZAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA MA’ARIF PONGGOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Pemulasaraan Jenazah Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Ponggok ini ditulis oleh Muhamad Sohibul Muslihin, NIM. 126201201039, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh St. Noer Farida Laila. Kata Kunci : Metode pembelajaran praktik, minat dan hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya keadaan di lapangan dimana masih banyak permasalahan dalam proses pembelajaran, yaitu kurang sesuainya penggunaan metode pembelajaran dengan karakteristik materi yang diajarkan. Yang mana penggunaan metode pembelajaran yang kurang tersebut mempengaruhi minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran seperti tidak konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, berbicara dengan teman saat guru menjelaskan, membolos, tidur di kelas, serta kurangnya partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Karena itu, peneliti menerapkan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran fikih untuk menguji teori terdapat pengaruh signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran praktik terhadap hasil belajar. Metode pembelajaran ini memberikan pengalaman langsung pada peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga akan mempengaruhi pada minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat, dan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one clas pretest-posttest design. jumlah sampel adalah penelitian ini sebanyak 38 peserta didik. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X MA Ma’arif Ponggok . Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel populasi dimana semua populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan melakukan test, angket sebelum dan sesudah perlakuan berupa metode pembelajaran praktik. Dalam membuktikan dan menganalisis data peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas sebagai uji pra penelitian, uji normalitas, homogenitas sebagai uji prasyarat, serta uji pairet sampel t-test dan MANOVA untuk uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Adanya pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. Dari hasil pengujian paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat belajar. 2) Adanya pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. Dari hasil pengujian paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar. 3) Adanya pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat, dan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif Ponggok Blitar pada materi pemulasaran jenazah. Dari hasil pengujian MANOVA diperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran praktik terhadap minat belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201039 MUHAMAD SOHIBUL MUSLIHIN
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:03
Last Modified: 18 Mar 2024 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44193

Actions (login required)

View Item View Item