UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS VII MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEDIA LKS DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2015/2016

USWATUN KASANAH, 2814123151 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS VII MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEDIA LKS DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Siswa Kelas VII melalui Metode Inkuiri dengan Media LKS di SMPN 1 Ngunut Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Uswatun Kasanah, NIM.2814123151, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan TMT, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Media LKS, Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya matematika itu sulit bagi siswa. Apalagi penyampaian materi yang masih monoton menyebabkan hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode inkuiri dengan media LKS. Penggunaan metode inkuiri dengan media LKS dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode inkuiri dengan media LKS untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan motivasi siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII melalui metode inkuiri dengan media LKS di SMPN 1 Ngunut tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peningkatan motivasi siswa kelas VII terhadap pembelajaran matematika melalui metode inkuiri dengan media LKS di SMPN 1 Ngunut tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai KKM yaitu 75 sekurang-kurangnya mencapai 75% dari jumlah siswa keseluruhan dan nilai hasil angket minimal 1,51. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah penerapan metode inkuiri dengan media LKS untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan motivasi siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut tahun ajaran 2015/2016 yaitu sebagai berikut: a) Mengidentifikasi dan mengklarifikasi masalah, b) Membuat hipotesis, c) Mengumpulkan data, d) Menganalisis data, dan e) Mengambil kesimpulan. 2) Penggunaan metode inkuiri dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari xviii pre test, siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada pre tes yaitu 48 yang berada pada kriteria kurang sedangkan pada tes akhir siklus I adalah 70 yang berada pada kriteria cukup dan pada tes akhir siklus II adalah 80 yang berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10. 3) Penggunaan metode inkuiri dengan media LKS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika yang dibuktikan dengan adanya hasil pengisian angket dari sebelum diberikan tindakan yaitu 1,5 (negatif) ke akhir tindakan siklus II yaitu mencapai 1,74 (positif). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,24. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMPN 1 Ngunut Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814123151 USWATUN KASANAH
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:59
Last Modified: 30 Jan 2017 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item