EFEKTIVITAS KONSELING REALITA TAHAP WDEP UNTUK MENGURANGI KECEMASAN KARIR SISWA SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI

RINA IMROATUS SHOLIKAH, 12306193034 (2024) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA TAHAP WDEP UNTUK MENGURANGI KECEMASAN KARIR SISWA SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Konseling Realita Tahap WDEP Untuk Mengurangi Kecemasan Karir Siswa SMK Pawyatan Daha 3 Kediri”. Ditulis oleh Rina Imroatus Sholihah, 12306193034, Dosen Pembimbing : Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Uhuluddin, Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan karir siswa di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri dan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita teknik WDEP dalam menurunkan kecemasan karir pada siswa di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Dilihat dari Focal Department of Measurements pada tahun 2013, terdapat 7,9 juta pengangguran di Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa lapangan kerja di Indonesia masih belum banyak. Terlebih lagi, dengan demikian, banyak siswa saat ini mulai stres atau stres atas nasib masa depan profesi siswa. Siswa stres atas status pendidikan siswa dengan yayasan profesional untuk melanjutkan ke tingkat pelatihan yang lebih tinggi atau siswa khawatir jika siswa tidak mendapatkan posisi yang siswa butuhkan atau sesuai dengan yang siswa ambil. Siswa saat ini mengalami kecemasan dalam memilih karir, yang meliputi perasaan takut, ragu, dan cemas dalam memilih karir nantinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kecemasan karir siswa dan Bagaimana efektivitas konseling realita tahap WDEP untuk mengurangi kecemasan karir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttes Design Model. Populasinya adalah 36 remaja yang ada di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri, sedangkan sampel penelitian adalah 10 siswa yang sangat tinggi perihal kecemasan karir dalam dirinya dengan skor nilai rata-rata sangat tinggi dan tinggi berdasarkan dengan hasil pretest dengan teknik purpose sampling. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk pengumpulan data. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan persyaratan analisis data dengan menggunakan uji hipotesis SPSS. Hasil penelitian yang telah diketahui bahwa rata-rata keadaan siswa yang cemas akan karir di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri mendapatakan nilai rata-rata 343.8 yang terdapat dalam kategori tinggi. Adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest dalam hasil uji paired sample test. Dari hasil perhitungan uji paired sample test diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000. Berdasarkan ketentuan yang berlaku diketahui hasil uji paired sample test Sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji paired sample test dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan karir siswa untuk pretest dan posttest melalui layanan Konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan realitas teknik WDEP. Kata kunci: Konseling Realita WDEP, Kecemasan Karir Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193034 RINA IMROATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:55
Last Modified: 18 Mar 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44238

Actions (login required)

View Item View Item