DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

ANNA FIDHATUN NISA, 12204193111 (2024) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Relasi Dan Fungsi” ini ditulis oleh Anna Fidhatun Nisa, NIM. 12204193111, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah, Relasi dan Fungsi. Kemampuan pemecahan masalah sebagai langkah awal siswa dalam mengembangkan ide-ide dalam membangun pengetahuan baru. Namun temuan saat dilapangan, kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal yang dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah salah satunya adalah disposisi matematis. Disposisi matematis adalah bagaimana siswa memandang masalah dan menyelesaikannya, apakah siswa tersebut percaya diri, fleksibel, tekun, memiliki rasa ingin tahu, dan mampu menemukan penyelesaian yang tepat. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis pada siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi pada materi relasi dan fungsi (2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis pada siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang pada materi relasi dan fungsi (3) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis pada siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah pada materi relasi dan fungsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII-I MTsN 1 Tulungagung yaitu 1 siswa dengan kemampuan tinggi, 1 siswa dengan kemampuan sedang, dan 1 siswa dengan kemampuan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah. Siswa tersebut memiliki ketujuh indikator disposisi matematis yakni memiliki sifat percaya diri, fleksibel dalam menggunakan cara lain, tekun dalam memecahkan masalah, menunjukkan rasa ingin tahu terhadap matematika, mampu mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan menghargai peran matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengapresiasi peranan matematika. (2) Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang mampu memenuhi tiga indikator pemecahan masalah. Siswa tersebut memiliki kelima indikator disposisi matematis, karena siswa kurang fleksibel dalam mencari cara alternatif dan kurang merefleksikan diri. (3) Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah hanya memenuhi satu indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah. Siswa tersebut memiliki keempat indikator disposisi matematis, karena siswa kurang memiliki rasa percaya diri, kurang fleksibel, dan kurang merefleksikan diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193111 ANNA FIDHATUN NISA
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:58
Last Modified: 19 Mar 2024 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44239

Actions (login required)

View Item View Item