AFNI NURLAILI AZIZAH, 126306202044 (2024) PERILAKU AKADEMIK REMAJA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (928kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perilaku Akademik Remaja Broken Home Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Afni Nurlaili Azizah NIM 126306202044, Dosen pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Program studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023. Abstrak: Perilaku dapat diartikan dengan tingkah laku siswa, sedangkan akademik merupakan suatu kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran atau ilmu pengetahuan secara umum. Jadi, Perilaku akademik merupakan suatu usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh setiap perubahan dari perilaku baru yang secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya ataupun bisa diartikan sebagai tingkah laku hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk tindakan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada : 1) Perilaku akademik remaja yang mengalami broken home, broken home yang dibahas peneliti memiliki dua aspek yaitu keluarga terpecah karena strukturnya tidak utuh yang disebabkan salah satu dari kepala keluarga meninggal dunia atau telah bercerai, dan kedua adalah orang tua bercerai karena struktur keluarga tidak utuh lagi karena ayah atau ibu sering tidak dirumah dan tidak memperlihatkan hubungan kasih sayang lagi dan perilaku akademik yaitu mengenai perilaku remaja disekolah seperti mentaati peraturan disekolah datang tepat waktu, mengikuti KBM berlangsung dan mengerjakan tugas. 2) Dampak perilaku akademik remaja broken home, yang mana perilaku akademik remaja broken home mengalami perubahan, karena kurangnya kasih sayang dari kedua orang tuanya yang mengakibatkan prestasi menurun dan semangat belajar berkurang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus atau case study jenis studi kasus jamak. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan dua remaja SMP yang berusia 14 tahun, dalam penelitian ini terdapat informan pendamping yaitu Guru SMP Negeri 1 Boyolangu dan informan pendukung orang tua remaja tersebut. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data yang digunakan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu remaja broken home mengalami perubahan pada perilaku akademiknya ketika mengalami permasalahan dari kedua orang tuanya. Dapat disimpulkan bahwa perilaku akademik remaja broken home di SMP Negeri 1 Boyolangu mengalami perubahan pada perilaku akademiknya ketika kedua orang tua remaja tersebut berpisah atau bercerai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202044 AFNI NURLAILI AZIZAH |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44293 |
Actions (login required)
View Item |