PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK

PRAMITA MAHARANI, 2817123128 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Pramita Maharani, 2016, NIM: 2817123128 dengan judul skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016” jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu indikator rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional atau ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS khususnya di MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek terkesan rendah. Untuk mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran, model kooperatif tipe Snowball Throwing sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong kerja sama dan komunikasi antar peserta didik dalam menguasai pelajaran, mendapatkan informasi, ide, ketrampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi adalah : 1) Bagaimana penerapan model Kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MIN Nurul Huda Dawuhan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan model Kooperatif tipe Snowball Throwing pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016? Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis studi kasus, kasus masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyususn perencanaan (planning), (2) Melaksanakan Tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, meode dokumentasi dan catatan lapangan.. Adapaun tujuan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan penerapan model Kooperatif tipe Snowball Throwing pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. (2) untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan menerapkan model Kooperatif tipe Snowball Throwing mata pelajaran xviii IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Berikut langkah-langkah penerapan model pembelajaran tersebut meliputi : Tahap awal, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tahap inti, penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing. Dan tahap akhir, menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari. Adapun untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan mulai dari pre test (41,20%), post test siklus I (64,70%), dan post test siklus II (88,23%). Sedangkan dilihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik mengalami peningkatan siklus I sampai ke siklus II yaitu dari 73,84% meningkat menjadi 90,76% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S. Pd 2817123128 PRAMITA MAHARANI
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:51
Last Modified: 04 Jan 2017 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item