IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

E V A N U R M A Y A S A R I, 2811123084 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eva Nurmaya Sari, 2016, “Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”. FTIK Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata kunci : Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang terjadi sebagai bentuk dari pengaruh perkembangan informasi dan arus globalisasi yang pesat. Pengaruh yang sangat luas dapat terlihat dari tingkah laku siswa yang semakin tidak menunjukkan akhlak yang baik (terpuji). Perlu dipahami dan disadari bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran aqidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam bertingkah laku. Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam menanggulangi kenakalan siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana pengendalian dari pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? (4) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016?. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis data pola case quintance dialectic (satu kasus). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kreadibilitas data (validitas internal), uji dependabilitas (reliabilitas) data, uji transferabilitas (validitas eksternal/ generalisasi), dan uji konfirmabilitas (obyektivitas). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak antara lain yaitu: (a) Menganalisis tujuan pembelajaran. (b) Membuat administrasi pembelajaran (RPP). (c) Mendesain pembelajaran dengan melihat kondisi siswa dan kelas. (d) kegiatan pembacaan Al-Qur’an 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. (2) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak meliputi (a) kegiatan awal yang terdiri dari menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengucap salam dan berdoa, melakukan tanya jawab ringan dan menyampaikan tujuan pembelajaran serta melakukan apresepsi. (b) Kegiatan inti dilakukan dengan penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bersifat kontributif. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, uswatun hasanah, dan metode pembiasaan. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis, spidol, buku, suara (penjelasan langsung dari guru), LCD proyektor, powerpoint, laptop, video, dan kaligrafi. (c) Kegiatan penutup terdiri dari guru mengadakan refleksi, mengajak siswa menyimpulkan hasil pembelajaran, mengadakan tes secara langsung, menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, memberikan pesan-pesan moral, mengajak berdoa dan dilanjutkan dengan salam. (3) Pengendalian pembelajaran aqidah akhlak dalam menangulangi kenakalan siswa dilakukan dengan (a) evaluasi pembelajaran yang menggunakan tehnik tes dan non tes. (b) Pengarahan dengan memberikan bimbingan dan motivasi. (4) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa terdiri perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam menanggulangi kenakalan siswa. Nilai lebih dari pembelajaran aqidah akhlak kepada siswa adalah (a) pembelajaran aqidah akhlak menanamkan aqidah sebagai spirit dan kekuatan. (b) pembelajaran aqidah akhlak dapat membentengi tingkah laku siswa. (c) pembelajaran aqidah akhlak menanamkan jiwa yang memiliki akhlak. Nilai lebih tersebut dapat digunakan sebagai cara atau upaya untuk menanggulangi bentuk-bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh siswa yang disebut dengan kenakalan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123084 EVA NURMAYA SARI
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:24
Last Modified: 30 Dec 2016 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item