HUBUNGAN TINGKAT SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA BROKEN HOME DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG

CATERINE SONYA, 126306201029 (2024) HUBUNGAN TINGKAT SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA BROKEN HOME DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Hubungan Tingkat Self Regulated Learning dengan Kematangan Karir Siswa Broken Home Di SMK ‘SORE” Tulungagung” yang ditulis oleh Caterine Sonya, dengan nim 126306201029. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Survey mengenai masalah yang dialami guru ketika mengajar dikelas dari jenjang SD, SMP dan SMA rata-rata menunjukan bahwa banyak siswa mengantuk, terjadinya pembolosan, penyontekan saat ulangan, dan membuat keributan saat pelajaran berlangsung. Hal itu terjadi saat siswa kurang atau bahkan tidak memiliki Self Regulated Learning sehingga tujuan dari pembelajaran pun tidak dapat diraih. Tujuan belajar yang dimaksud tentu saja adalah Kematangan Karir setelah tamat sekolah. Kematangan Karir merupakan bagian terpenting dari tujuan akhir siswa. Tanpa Kematangan Karir yang tepat, akan menjadi suatu permasalahan serius bagi siswa dan guru di sekolah. Dari latar belakang permasalahan tersebut didapatkan tiga rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana tingkat Self Regulated Learning siswa Broken Home 2) bagaimana tingkat Kematangan Karir siswa Broken Home 3) Bagaimana Hubungan tingkat Self Regulated Learning dengan Kematangan Karir siswa Broken Home. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui tingkat Self Regulated Learning siswa 2) mengetahui tingkat Kematangan Karir siswa Broken Home 3) Hubungan tingkat Self Regulated Learning siswa Broken Home di SMK ‘SORE” Tulungagung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi product moment pearson. Adapun sampel dalam penelitian ini merupakan siswa Broken Home SMK ‘SORE” Tulungagung berjumlah 171 dengan populasi berjumlah 300. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tingkat Self Regulated Learning siswa Broken Home di SMK ‘SORE” Tulungagung dengan nilai rata-rata 44 (sedang) diketahui dari 171 responden, didapatkan hasil 19 atau 11,2% responden berkategori tinggi, 138 atau 80,7% berkategori sedang dan 14 atau 8,1% berkategori rendah. 2) tingkat Kematangan Karir siswa Broken Home di SMK ‘SORE” Tulungagung dengan nilai rata-rata 47 (sedang) diketahui bahwa dari 171 responden, didapatkan hasil 23 atau 13,4% responden berkategori tinggi, 124 atau 72,5% responden berkategori sedang dan 24 atau 14% responden berkategori rendah. 3) berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil analisis antara variabel Self Regulated Learning (X) dengan variabel Kematangan Karir (Y) diperoleh nilai korelasi R = 0,659 dengan Std. Error of the Estimate yaitu 4,978 termasuk kriteria korelasi ”kuat” (0,600 – 0,799). Itu artinya dapat disimpulkan bahwa tingkat Self Regulated Learning berhubungan positif dengan Kematangan Karir dan derajat hubungan korelasi sedang. Semakin tinggi variabel X (Self Regulated Learning) maka semakin meningkat variabel Y (Kematangan Karir). Kata Kunci : Self Regulated Learning, Kematangan Karir, Broken

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Karir
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201029 CATERINE SONYA
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:30
Last Modified: 19 Mar 2024 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44346

Actions (login required)

View Item View Item